Bandara Mutiara Palu Dikabarkan Ricuh, Begini Faktanya 

Warga memang banyak berkumpul di Bandara Palu...

Palu, IDN Times - Ribuan warga yang juga korban gempa dan tsunami di Donggala, Palu, dan sekitarnya dikabarkan memaksa masuk Bandara Mutiara SIS al Jufri, Sulawesi Tengah pada Senin (1/10). Mereka memaksa masuk ke dalam pesawat Hercules milik TNI.  

Manager Humas AirNav Indonesia, Yohanes Sirait pun meluruskan informasi tersebut.  

1. Ribuan warga disebut menerobos pagar bandara

Bandara Mutiara Palu Dikabarkan Ricuh, Begini Faktanya ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Sekitar 3.000 pengungsi dikabarkan menerobos pagar bandara dan menyerbu pesawat, sehingga untuk semua penerbangan Hercules Ke Palu di-hold dulu, rencana A-1336 baru take off nanti malam setelah Kondisi mereda. 

Menjawab itu, Yohanes mengakui, memang benar bahwa banyak masyarakat yang saat ini ada di bandara untuk dievakuasi. "Namun, tidak ada blokade untuk menghalangi proses penerbangan," kata Yohanes dalam keterangan pers, Senin (1/10).  
 

Baca Juga: Diperkirakan, Ribuan Korban Gempa Masih Tertimbun 

2. Personel AirNav tetap bertugas

Bandara Mutiara Palu Dikabarkan Ricuh, Begini Faktanya ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Lebih lanjut dia mengatakan,  petugas AirNav tetap melayani penerbangan (take off landing) di Bandara Palu. Bahkan AirNav baru saja melayani 3 pesawat yang landing.

Lebih lanjut dia mengatakan, pengaturan slot di Palu langsung dikoordinir dari Cabang Makassar, dimana Direktur Utama AirNav langsung berada di lokasi untuk memastikan ketersediaan dan pengaturan slot untuk penerbangan dari dan ke Palu.

3. Pemerintah menyiapkan moda transportasi lain untuk evakuasi

Bandara Mutiara Palu Dikabarkan Ricuh, Begini Faktanya ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Yohanes mendapat informasi, pemerintah tengah menyiapkan moda lainnya untuk evakuasi warga mengingat keterbatasan jumlah penumpang di angkutan udara.

Untuk itu, dia meminta agar semua pihak menjaga dan mengontrol diri dengan tidak menyebar hoax di tengah kondisi ada wilayah yang terdampak bencana alam. 

Baca Juga: Polda Sulteng Dipenuhi 1.682 Pengungsi Korban Gempa Palu

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya