Hebat! Jakarta Smart City Raih IDC Awards 2021

JAKI raih penghargaan Best in Future of Digital Innovation

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui BLUD Jakarta Smart City mendapat penghargaan pada ajang IDC Future Enterprise Awards tahun 2021. Jakarta mendapat penghargaan kategori Best in Future of Digital Innovation, dengan inovasi platform JAKI (Jakarta Kini).

JAKI terpilih di antara lebih dari 1.000 proposal yang diajukan organisasi dan institusi dari seluruh kawasan Asia Pasifik. Kemenangan ini akan membawa Jakarta Smart City maju sebagai perwakilan Indonesia untuk merebut posisi terbaik di tingkat regional Asia Pasifik.

“Mewakili masyarakat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, saya ingin berterima kasih sebesar-besarnya kepada panitia IDC Awards yang telah memilih Jakarta Smart City melalui inovasi JAKI sebagai Best in Future Digital Innovation di ajang IDC Future Enterprise Awards 2021," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, dikutip dari siaran persnya, Minggu (10/10/2021).

Menurutnya, JAKI merupakan upaya menghadirkan platform layanan digital yang terintegrasi bagi masyarakat di DKI Jakarta. JAKI juga diharapkan memudahkan masyarakat.

1. JAKI sudah dipakai lebih dari dua juta orang

Hebat! Jakarta Smart City Raih IDC Awards 2021Tangkapan layar aplikasi JAKI (IDN Times/Lia Hutasoit)

Kepala BLUD Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha, mengungkapkan aplikasi JAKI kini sudah digunakan lebih dari dua juta orang. Ia menegaskan JAKI merupakan jawaban dari Pemprov DKI Jakarta untuk menghadirkan aplikasi one-stop service dengan layanan publik yang terintegrasi.

"Melalui pengembangan berkelanjutan, JAKI selalu tumbuh dan berkembang dengan fitur-fitur terbaru, untuk memudahkan masyarakat Jakarta dalam memenuhi kebutuhan harian, termasuk selama masa pandemi COVID-19," ucap Yudhistira.

"Penghargaan ini menjadi salah satu hasil nyata kerja keras dan kolaborasi kami bersama masyarakat serta sebuah langkah penting bagi kami dalam memajukan Jakarta sebagai kota cerdas,” imbuhnya.

Baca Juga: Sejarah Barcode, Inovasi Penting Berguna di Banyak Sektor

2. Jakarta satu-satunya perwakilan pemerintah yang menang IDC Awards

Hebat! Jakarta Smart City Raih IDC Awards 2021Jakarta Smart City mendapatkan penghargaan IDC Awards 2021. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Jakarta Smart City menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang berasal dari instansi pemerintah yang mendapatkan IDC Awards 2021. Adapun, daftar pemenang penghargaan lainnya adalah:

- Future of Connectedness: Traveloka
- Future of Customers and Consumers: Sinarmas Land
- Future of Digital Infrastructure: TRIPATRA
- Future of Digital Innovation: Jakarta Smart City, Pemprov DKI Jakarta
- Future of Industry Ecosystems: DANA Indonesia
- Future of Intelligence: Telkomsel
- Future of Operations: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
- Future of Work: DBS Bank Indonesia
- CIO of the Year: Bapak Indro Utoyo of Bank BRI
- CEO of the Year: Ibu Noni Purnomo of Blue Bird
- Special Award for Digital Resiliency: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
- Future Enterprise of the Year: Blue Bird Group

3. Mengenal IDC Awards

Hebat! Jakarta Smart City Raih IDC Awards 2021Jakarta Smart City mendapatkan penghargaan IDC Awards 2021. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Future Enterprise Awards IDC merupakan ajang pemberian penghargaan kepada instansi dan organisasi yang telah membuat terobosan penting dalam inisiatif transformasi digital. Cakupannya berada di kawasan Asia Pasifik.

Penghargaan IDC Awards terdiri dari tujuh kategori berbeda salah satunya Best in Future of Digital Innovation, yang dimenangkan oleh Jakarta Smart City.

Baca Juga: Begini Cara Lapor Genangan dan Banjir di Jakarta Pakai Aplikasi JAKI

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya