Comscore Tracker

Begini Cara Lapor Genangan dan Banjir di Jakarta Pakai Aplikasi JAKI

Warga bisa segera melaporkan banjir melalui fitur JakLapor

Jakarta, IDN Times - Intensitas hujan di DKI Jakarta kian meningkat. Geografis Jakarta yang berada di dataran rendah dan dilalui 13 aliran sungai membuatnya harus siap menghadapi risiko banjir ketika curah hujan meningkat.

Mengantisipasi adanya genangan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyediakan layanan pelaporan dengan fitur JakLapor dari aplikasi JAKI.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di akun Instagramnya @aniesbaswedan mengunggah mekanisme pelaporan seperti yang dia kutip melalui Instagram resmi @dkijakarta.

"Saat ini Jakarta sedang dirundung hujan, bagi kamu yang menemukan genangan, kamu bisa segera melaporkan melalui fitur JakLapor di aplikasi JAKI," seperti dikutip IDN Times di akun Instagram Anies, Senin (25/1/2021).

 

1. Cara laporkan genangan atau banjir di DKI Jakarta

Begini Cara Lapor Genangan dan Banjir di Jakarta Pakai Aplikasi JAKIIlustrasi banjir. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Dari akun @dkijakarta tercantum tata cara mengadukan temuan genangan air atau kondisi banjir di DKI Jakarta.

Pertama, warga harus mengunduh aplikasi JAKI. Setelah itu warga perlu memotret kondisi wilayah yang tergenang air atau banjir. Setelah itu warga perlu memilih kategori laporan. Kemudian menuliskan deskripsi laporan dan bisa mengirimkan laporan.

Baca Juga: Hujan Deras Guyur DKI Jakarta: 7 RT dan 15 Titik Tergenang Air

2. JAKI berikan pilihan jenis masalah yang dilaporkan

Begini Cara Lapor Genangan dan Banjir di Jakarta Pakai Aplikasi JAKITangkapan layar aplikasi JAKI (IDN Times/Lia Hutasoit)

IDN Times telah mengunggah aplikasi JAKI. Warga akan diminta untuk masuk dengan akun Google, setelah foto diunggah akan ada banyak pilihan laporan.

Mulai dari administrasi, coretan atau iklan, fasilitas sosial, iklan rokok, penanganan kebakaran, hingga banjir.

Jika ingin lebih cepat mencari jenis laporan, warga bisa mencari di kolom pencarian dengan kata kunci yang relevan.

3. Fitur lainnya yang ada di JAKI

Begini Cara Lapor Genangan dan Banjir di Jakarta Pakai Aplikasi JAKITangkapan layar aplikasi JAKI (IDN Times/Lia Hutasoit)

Di dalamnya terdapat beberapa fungsi, mulai dari JakWarta yang terkoneksi dengan informasi seputar Jakarta, kemudian JakRespons yang berisi perkembangan laporan warga.

Di aplikasi ini juga tersedia fitur JakPangan yang menuliskan harga pangan di sejumlah pasar, kemudian fitur JakPantau, JakSiga, JakWifi untuk Wifi gratis, Jejak, JakPenda untuk pajak, JakISPU terkait kondisi udara, JakSurvei hingga Laporan melalui Video.

Baca Juga: [CEK FAKTA] 32 Hotel di Jakarta Gratis untuk Isolasi Mandiri

Topic:

  • Lia Hutasoit
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya