Comscore Tracker

Korsel Kirim 350 Konsentrator Oksigen dan 35 Ventilator buat Indonesia

Bantuan dikirimkan secara bertahap

Jakarta, IDN Times - Korea Selatan (Korsel) kembali memberikan bantuan penanganan pandemik COVID-19 kepada Indonesia. Kali ini, pemerintah Korsel mengirimkan 350 konsentrator oksigen dan 35 unit ventilator.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-sung mengatakan bantuan akan tiba di Indonesia secara bertahap.

"Tidak ada satu negara pun yang dapat mengatasi pandemi Covid-19 ini seorang diri," kata Park Tae-sung dikutip dari ANTARA, Minggu (18/7/2021).

1. Sebanyak 200 konsentrator oksigen tiba di Indonesia

Korsel Kirim 350 Konsentrator Oksigen dan 35 Ventilator buat IndonesiaInfografis jenis terapi oksigen untuk pasien COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Ia mengungkapkan, pada hari ini, sebanyak 200 unit konsentrator oksigen yang telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Ini merupakan bantuan tahap pertama.

Sedangkan sisa bantuan lainnya, kata Park Tae-sung, direncanakan tiba di Indonesia dalam waktu dekat.

Baca Juga: 40 Ribu Konsentrator Oksigen Impor Bakal Disebar ke Perumahan

2. Pandemik COVID-19 harus dihadapi bersama-sama

Korsel Kirim 350 Konsentrator Oksigen dan 35 Ventilator buat IndonesiaIlustrasi pasien menjalani perawatan di tenda barak yang dijadikan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Sleman, DI Yogyakarta (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Menurut Park Tae-Sung, pandemik COVID-19 tidak bisa ditangani suatu negara sendirian. Perlu solidaritas dan kerja sama internasional.

Ia pun menyatakan komitmen Korsel selaku mitra strategis khusus bagi Indonesia akan berjuang bersama mengakhiri pandemik COVID-19.

Park Tae-sung berharap, melalui bantuan ini, Korsel setidaknya turut mengamankan kebutuhan konsentrator oksigen di Indonesia.

3. Korsel kucurkan dana Rp57 miliar untuk bantu Indonesia

Korsel Kirim 350 Konsentrator Oksigen dan 35 Ventilator buat IndonesiaPresiden Republik Korea Selatan, Moon Jae-in (Twitter.com/TheBlueHouseENG)

Tahun ini, pemerintah Korsel telah mengucurkan dana sebesar empat juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp57 miliar untuk membantu Indonesia. Dana tersebut diberikan untuk sejumlah program penanganan pandemik COVID-19.

Program kerja sama tersebut meliputi pemberian alat tes PCR dan test kit antigen untuk meningkatkan kapasitas pengetesan. Kemudian, program peningkatan sumber daya tenaga kesehatan dam bantuan penanggulangan penyebaran COVID-19 di daerah terpencil.

Baca Juga: Korsel Janjikan Rp2,8 Triliun untuk Program Vaksin COVID-19 Global

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya