Kominfo Gelar Puncak Program Literasi Digital Nasional

Dimulai sejak 2017

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menyelenggarakan Literasi Digital Netizen Fair (LDNF) dan Siberkreasi Award 2021 di Bali pada 18-19 Desember 2021. Acara ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Literasi Digital Nasional. 

Sebagai leading sector transformasi digital, Kominfo menjalankan program Literasi Digital Nasional sebagai pilar pengembangan SDM digital yang telah dimulai sejak 2017. Pelatihan tersebut ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menempatkan diri di ruang-ruang digital. Hingga 2021 ini, program tersebut telah menjangkau jutaan peserta di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota.

1. Titik awal pengembangan talenta digital Indonesia

Kominfo Gelar Puncak Program Literasi Digital NasionalSekda Kota Madiun Rusdiyanto bersama sejumlah jajaran Pemkot Madiun mengikuti peluncuran Program Literasi Digital Nasional dari Balai Kota Madiun, Kamis (20/5/2021). (Dok. Pemkot Madiun)

Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, mengatakan bahwa inovasi dan disrupsi teknologi yang berkembang dengan pesat dan masif telah membawa berbagai perubahan mendasar di seluruh sektor kehidupan.

Selain membawa dampak positif, perubahan tersebut juga telah mendorong pada munculnya berbagai dampak negatif dan permasalahan-permasalahan baru, seperti penipuan daring, penyebaran berita bohong, perundungan, hingga penyalahgunaan data pribadi.

"Program Gerakan Nasional Literasi Digital merupakan titik awal bagi pengembangan SDM/talenta digital Indonesia dalam mewujudkan masyarakat digital yang semakin mahir memanfaatkan teknologi digital,” papar Dedy saat membuka acara LDNF 2021.

Baca Juga: Kementerian Kominfo Dorong Masyarakat Indonesia Makin Cakap Digital

2. Terdapat talkshow interaktif

Kominfo Gelar Puncak Program Literasi Digital NasionalKementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menyelenggarakan Literasi Digital Netizen Fair (LDNF) dan Siberkreasi Award 2021 di Bali pada 18-19 Desember 2021. (Dok. Kominfo)

Dalam kegiatan LDNF 2021 kali ini terdapat talkshow interaktif “Ngobrolin Literasi Digital” yang membahas empat pilar literasi digital, serta isu-isu terkini mengenai teknologi digital. Tidak hanya itu, terdapat pula pelatihan dan kelas-kelas bertajuk “Netizen Talks”, yang mengulas pemanfaatan teknologi digital secara lebih mendalam, seperti pembuatan konten yang menarik, tips dan trik membuat podcast, hingga kelas animasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai narasumber mewakili komunitas, akademisi, publik figur, dan para pemangku kepentingan lainnya di bidang literasi digital, seperti Gubernur, Wali Kota Bali, pegiat-pegiat literasi digital, praktisi media sosial hingga Key Opinion Leader (KOL) dari berbagai kota.

“Kita optimis bahwa potensi ruang digital Indonesia dapat terus bertumbuh dan kemajuan teknologi digital dapat digunakan dengan bijak agar dampak baiknya semakin dirasakan oleh masyarakat luas. Mari kita terus mengasah diri dan bersama-sama perkuat literasi, kecakapan, serta ketangguhan digital bangsa, menuju Indonesia Terkoneksi: Makin Digital, Makin Maju”, pungkas Dedy.

3. Dimeriahkan oleh penampilan berbagai musisi nasional

Kominfo Gelar Puncak Program Literasi Digital NasionalKementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menyelenggarakan Literasi Digital Netizen Fair (LDNF) dan Siberkreasi Award 2021 di Bali pada 18-19 Desember 2021. (Dok. Kominfo)

Sebagai informasi, LDNF 2021 juga dimeriahkan oleh penampilan berbagai musisi nasional seperti HiVi, Yura Yunita, dan MALIQ & D’essentials. Selain itu, dalam rangkaian acara ini juga diberikan Siberkreasi Awards untuk pemenang lomba-lomba video pendek, serta beberapa challenge bertajuk Indonesia Makin Cakap Digital. 

Acara ini diselenggarakan secara hybrid yang gratis dan terbuka untuk umum. Terdapat 2.000 peserta yang hadir secara luring dan 48.000 peserta bergabung secara daring.

Masyarakat dapat mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini secara virtual melalui netizenfair.id. Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui info.literasidigital.id atau media sosial Siberkreasi. (WEB)

Baca Juga: Siberkreasi, Kominfo, dan Facebook Gelar Diskusi Metaverse Era Baru Digital

Topik:

  • Marwan Fitranansya
  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya