PPKM: Pekan Pelaku UMKM Makin Cakap Digital

UMKM tulang punggung bagi perekonomian bangsa

Jakarta, IDN Times - ‘Si Kecil yang Berdampak Besar’. Istilah tersebut sangat tepat untuk menggambarkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal itu karena UMKM merupakan tulang punggung bagi perekonomian bangsa. 

Pada tahun 2017, data dari Kementerian Koperasi dan UKM RI menyatakan bahwa UMKM menguasai sekitar 99,99 persen pangsa (62,9 juta unit) dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia dan menyerap sekitar 97 persen tenaga kerja nasional.

Namun, kekuatan UMKM mulai melemah terimbas pandemik COVID-19. Sekitar 45 persen pelaku usaha kecil hanya mampu bertahan selama 3 bulan, 88 persen kehabisan modal untuk kelangsungan usaha, dan 60 persennya telah melakukan pengurangan tenaga kerja.

Melemahnya UMKM menjadi sebuah pukulan besar yang melumpuhkan kekuatan perekonomian Indonesia. Karena itu, kebangkitan perekonomian bangsa di masa pandemik harus dilakukan dengan memulihkan fungsi UMKM terlebih dahulu.

1. Literasi digital yang komprehensif dibutuhkan bagi para pelaku usaha

PPKM: Pekan Pelaku UMKM Makin Cakap DigitalIlustrasi UMKM. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Pemulihan tersebut dapat diwujudkan dengan memberdayakan teknologi melalui transformasi digital. Pembatasan aktivitas masyarakat dan pelaku usaha yang mengakibatkan anjloknya pemasukan dan daya beli dapat disiasati dengan melakukan perluasan jangkauan usaha ke pasar digital atau e-Market sehingga UMKM dapat mengenalkan dan menjual produk atau jasanya kepada segmen pasar yang lebih luas dan beragam dengan modal yang lebih murah. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan literasi digital yang komprehensif bagi para pelaku usaha.

UMKM yang berhasil mentransformasikan usahanya ke pasar digital berdampak pada produk atau jasa yang lebih mudah diketahui dan dijangkau masyarakat kapan saja dan di mana saja melalui internet, penjual dan pembeli yang terhubung dengan mudah, serta sistem pembayaran, jual beli, dan pengiriman yang aman dan cepat. 

Baca Juga: Indonesia Makin Cakap Digital: Pentingnya Literasi Digital

2. Baru ada 11 juta UMKM yang melakukan digitalisasi usaha dari 60 juta

PPKM: Pekan Pelaku UMKM Makin Cakap DigitalKementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi adalah dengan mengadakan ‘PPKM’ atau Pekan Pelaku UMKM yang dilaksanakan mulai tanggal 3 hingga 10 September 2021. (Dok. (Kemenkominfo)

Namun, hingga saat ini, baru 16 persen UMKM yang melakukan digitalisasi usaha atau sekitar 11 juta dari 60 juta UMKM. Dengan demikian, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk mengembalikan kembali kekuatan UMKM bagi pemulihan perekonomian nasional. 

Salah satu inisiatif yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi adalah dengan mengadakan ‘PPKM’ atau Pekan Pelaku UMKM yang dilaksanakan mulai tanggal 3 hingga 10 September 2021. 

PPKM merupakan pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan secara daring dengan menghadirkan pembicara dan pelaku UMKM yang kompeten untuk menjadi narasumber di 8 pelatihan yang mengusung tema yang berbeda-beda; mulai dari strategi digital marketing, strategi menetapkan harga, cara menetapkan untung, strategi mengelola media sosial usaha, hingga cara melakukan product branding.

3. Kecakapan digital diperlukan bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha di pasar digital

PPKM: Pekan Pelaku UMKM Makin Cakap DigitalIlustrasi ekonomi digital (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Kegiatan PPKM bertujuan melengkapi pelaku UMKM dengan berbagai kecakapan digital yang memang diperlukan untuk mengembangkan usaha di pasar digital, membantu mengembalikan fungsi UMKM Indonesia, meningkatkan kesadaran pelaku UMKM akan pentingnya teknologi dan media sosial bagi kegiatan bisnis, serta mengajak pelaku UMKM untuk menjadi pelopor #MakinCakapDigital.

Bagi yang tertarik untuk berdiskusi dan memahami lebih lanjut mengenai UMKM Indonesia sebagai salah satu upaya pemulihan perekonomian bangsa bisa langsung mendaftar di https://s.id/UMKMCakapDigital

Tidak hanya itu, masih ada banyak kegiatan menarik lain tentang literasi digital dari Kemenkominfo dan Siberkreasi agar masyarakat menjadi #MakinCakapDigital. Untuk mendapatkan informasi dan mengikuti kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya, Anda dapat mengikuti akun media sosial @siberkreasi atau mengakses website event.literasidigital.id. (WEB)

Baca Juga: Kementerian Kominfo Bekerja Sama Adakan Kelas Asah Digital

Topik:

  • Marwan Fitranansya
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya