8 Pahlawan Indonesia yang Wajahnya Tercetak di Uang Kertas Rupiah

Mereka berjasa bagi kemerdekaan Indonesia #MenjagaIndonesia 

Jakarta, IDN Times - Banyak cara untuk mengenang jasa para pahlawan. Tidak hanya memberi bintang tanda jasa, tapi juga menjadikan nama mereka sebagai nama jalan atau nama tempat-tempat penting dan bersejarah.

Cara lain yang juga dilakukan yaitu mengabadikan wajah dan nama mereka dalam mata uang. Seperti di lembar mata uang Rupiah saat ini, terukir sejumlah potret pahlawan nasional. Siapa saja pahlawan-pahlawan tersebut? Berikut rangkuman IDN Times.

Baca Juga: 8 Pahlawan Asal Tanah Rencong yang Tidak Gentar Melawan Penjajah

1. Ir. Sukarno

8 Pahlawan Indonesia yang Wajahnya Tercetak di Uang Kertas RupiahIDN Times/Helmi Shemi

Sebagai Bapak Pendiri Bangsa, jasa Presiden pertama Republik Indonesia Sukarno sudah tak terhitung lagi. Tak heran jika potret wajahnya terukir dalam lembar uang kertas Rp100.000. Bung Karno, demikian sebutan Bapak Proklamator ini memainkan peran penting dalam kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam lembar uang kertas Rp100.000, potret wajah Bung Karno bersanding dengan potret wajah Mohammad Hatta atau Bung Hatta. Keduanya merupakan tokoh sentral dalam kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan di Indonesia.

Sukarno mendapat gelar pahlawan pada 1986 bersama Bung Hatta. Keduanya diberi gelar sebagai pahlawan proklamator berdasarkan Keputusan Presiden No 081/TK/1986.

Sukarno meninggal pada Minggu, 21 Juni 1970 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto dan dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

2. Dr. Drs. H. Mohammad Hatta

8 Pahlawan Indonesia yang Wajahnya Tercetak di Uang Kertas RupiahIlustrasi Uang (IDN Times/Lia Hutasoit)

Mohammad Hatta adalah Wakil Presiden pertama Republik Indonesia, dia juga dikenal dengan sebutan Bung Hatta.

Potret wajahnya ada di lembar uang Rp100.000 bersanding dengan Presiden pertama RI, Sukarno.

Bung Hatta sebelumnya juga pernah menjadi perdana menteri ke-3 Indonesia. Dia juga pernah menjabat sebagai menteri pertahanan dan Ketua Umum Palang Merah Indonesia yang pertama.

Hatta meninggal pada 1980 dan jenazahnya dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta. Sukarno dan Hatta dikenal sebagai Dwi Tunggal, di mana nama keduanya disematkan menjadi nama Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten.

3. Ir. H. Raden Djoeanda Kartawidjaja

8 Pahlawan Indonesia yang Wajahnya Tercetak di Uang Kertas RupiahIlustrasi Uang (IDN Times/Lia Hutasoit)

Ir. H. Raden Djoeanda Kartawidjaja merupakan salah satu pahlawan Indonesia. Semasa hidup, dia mengemban sejumlah jabatan penting.

Sumbangan terbesarnya saat menjabat adalah Deklarasi Djuanda tahun 1957. Dia adalah perdana menteri ke-10 Indonesia sekaligus yang terakhir. Dia juga merupakan Menteri Keuangan ke-11 Indonesia dengan masa jabatan 10 Juli 1959 sampai 6 Maret 1962.

Sebelumnya dia menjabat sebagai menteri pertahanan ke -11 Indonesia pada 9 April 1957 sampai 9 Juli 1959 dan menteri perhubungan ke-3 Indonesia pada 2 Oktober 1946 sampai 4 Agustus 1949.

Djuanda Kartawidjaja pernah memimpin para pemuda merebut Jawatan Kereta Api dari Jepang setelah Indonesia merdeka, yang akhirnya membawa dia menjadi Kepala Djawatan Kereta Api pertama Republik Indonesia pada 1946. Kini wajahnya bisa dilihat di lembar uang Rp50.000.

4. Dr. GSSJ Ratulangi

8 Pahlawan Indonesia yang Wajahnya Tercetak di Uang Kertas RupiahIlustrasi Uang (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi adalah pahlawan nasional yang potretnya kini diabadikan dalam lembar uang Rp20.000. Namanya lebih terkenal dengan sebutan Sam Ratulangi.

Dia adalah seorang politikus, jurnalis, dan guru dari Sulawesi Utara, Indonesia. Pahlawan asal Manado ini memperjuangkan pendidikan yang baik bagi rakyat Indonesia.

Setelah Indonesia merdeka, dia diangkat menjadi Gubernur pertama Sulawesi Utara.

5. Frans Kaisiepo

8 Pahlawan Indonesia yang Wajahnya Tercetak di Uang Kertas RupiahIlustrasi Uang (IDN Times/Lia Hutasoit)

Frans Kaisiepo adalah pahlawan asal Papua yang wajahnya kini tercetak di lembar uang Rp10.000. Dia dikenang sebagai pahlawan nasional Indonesia dari Papua, berdasarkan Keputusan Presiden nomor 077/TK/1993.

Frans Kaisiepo merupakan seseorang yang aktif melawan Belanda. Dia terlibat dalam konferensi Malino 1946 yang membahas mengenai pembentukan Republik Indonesia Serikat sebagai wakil dari Papua.

Frans juga orang pertama yang mengibarkan Bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu "Indonesia Raya" di Tanah Papua. Dia pernah dipenjara selama lima tahun karena memimpin pemberontakan melawan Belanda di Biak.

6. Dr. KH Idham Chalid

8 Pahlawan Indonesia yang Wajahnya Tercetak di Uang Kertas RupiahIlustrasi Uang (IDN Times/Lia Hutasoit)

Wajah pahlawan Dr. KH Idham Chalid bisa kita lihat di lembaran uang Rp5.000. Wajahnya mulai tersebar di uang lembaran pecahan Rp5.000 sejak 19 Desember 2016.

Dia adalah pahlawan nasional yang pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Indonesia yakni pada 1956 sampai 1959. Idham Chalid juga pernah menjadi Ketua Umum PBNU (Pengurus Besar Nahdatul Ulama) selama 28 tahun sejak 1956-1984.

Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ke-4 dengan masa jabatan sejak 1971–1977, serta menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat ke-6 di periode yang sama.

7. Mohammad Hoesni Thamrin

8 Pahlawan Indonesia yang Wajahnya Tercetak di Uang Kertas RupiahIlustrasi Uang (IDN Times/Lia Hutasoit)

Mohammad Hoesni Thamrin adalah pahlawan nasional yang lahir di Weltevreden, Batavia (sekarang Jakarta), 16 Februari 1894, dan meninggal di Senen, Batavia, 11 Januari 1941. Dia adalah seorang politisi di era Hindia Belanda.

Pada 19 Desember 2016, atas jasanya, Pemerintah Indonesia mengabadikan potret wajahnya di pecahan uang kertas rupiah baru, pecahan Rp2.000.

Dia dikenal sebagai salah satu tokoh Betawi dari organisasi Kaoem Betawi, yang pertama kali menjadi anggota Volksraad atau dewan rakyat di Hindia Belanda mewakili kelompok pribumi.

8. Tjut Meutia

8 Pahlawan Indonesia yang Wajahnya Tercetak di Uang Kertas RupiahIlustrasi Uang (IDN Times/Lia Hutasoit)

Cut Nyak Meutia atau Tjut Meutia adalah pahlawan perempuan asal Aceh, yang  wajahnya bisa ditemui di lembaran uang Rp1.000 sejak 19 Desember 2016.

Dia menjadi pahlawan nasional Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 107/1964 pada 1964.

Tjut Meutia ikut serta dalam perang melawan Belanda di Aceh. Dia menyerang dan merampas pos-pos kolonial. Tetapi pada 24 Oktober 1910, Tjut Meutia gugur saat bentrok dengan Marechausée di Alue Kurieng.

Baca Juga: Biografi 7 Pahlawan Revolusi yang Gugur dalam Gerakan 30 September 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya