Akibat Banjir, 50 Ton Sampah Terkumpul di Jakarta

Masih ada sampah sisa banjir di daerah Jakarta Barat

Jakarta, IDN Times – Banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya pada awal tahun 2020 menghasilkan hampir 50 ribu ton sampah, yang tersebar di seluruh wilayah Ibu kota.

Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan menjelaskan, sampah-sampah yang tersisa akibat banjir diangkut dari sekitar 380 RW yang terdampak banjir, serta dari aliran sungai yang meluap.

“Ada 49.878,96 ton sampah banjir. Itu jumlah total semua yang diambil dari 380 RW terdampak dan aliran sungai se-Jakarta,” ujar Yogi seperti dikutip dari Antara, Sabtu (11/1).

Baca Juga: Begini Trik Anies Baswedan Antisipasi Banjir Rob di Pesisir Jakarta

1. Masih ada sampah yang tersisa di wilayah DKI

Akibat Banjir, 50 Ton Sampah Terkumpul di JakartaKerja bakti banjir Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Sampah-sampah tersebut dibersihkan sejak air mulai surut dari 2-9 Januari 2020. Dari total sampah yang telah berhasil dikumpulkan, masih ada sampah yang tersisa di beberapa wilayah DKI Jakarta.

“Dari tanggal 2-9 Januari 2020, ini masih sisa sedikit yang ada di daerah Jakbar yang baru surut,” kata Yogi.

2. Jumlah sampah banjir setengah dari total sampah Ibu kota

Akibat Banjir, 50 Ton Sampah Terkumpul di JakartaIDN Times/Candra Irawan

Total sampah banjir yang dikumpulkan, menurut Yogi, adalah setengah dari total sampah Ibu kota. Kemudian sampah-sampah ini dikirim ke Tempat Pengelolaaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi.

“Sampah banjir itu adalah bagian dari sampah seluruhnya yang berjumlah 85.874,94 ton yang diangkut pada tanggal 2 Januari hingga 9 Januari,” kata dia.

3. Hujan deras di malam tahun baru jadi penyebab banjir

Akibat Banjir, 50 Ton Sampah Terkumpul di JakartaBanjir yang melanda kawasan Jakarta Barat pada Rabu (1/1). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sebelumnya, hujan deras yang terjadi pada malam pergantian tahun baru yakni sejak 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 pagi, menyebabkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek) hingga Banten terendam banjir.

Tak hanya merusak dan menghilangkan barang-barang milik warga, banjir di Jakarta dan sekitarnya juga memakan korban jiwa. 

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Senin 6 Januari 2020, korban meninggal akibat banjir di Jabodetabek dan Banten 67 orang.

Baca Juga: Pemerintah Beri Bantuan Korban Banjir dan Longsor hingga Rp50 Juta

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya