AMSI Luncurkan Konten Agregator Bernama Amsinews

Model bisnis bersama ekosistem ekonomi media digital

Jakarta, IDN Times - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) meluncurkan konten agregator bernama Amsinews. Penanggung Jawab Program Agregator pada Indonesia Digital Conference (IDC) 2023, Suwarjono, mengatakan lahirnya sebuah konten agregator Amsinews diharapkan bisa memperluas jangkauan dan kesadaran audiensnya.

“Di forum tahunan ini kami meluncurkan satu program, yaitu Amsinews sebagai sebuah konten agregator. Amsinews sebagai platform 3 in 1, karena mencakup tiga isu, yaitu distribusi konten, agensi periklanan, dan sistem konten manajemen,” kata dia dalam keterangannya, dilansir Kamis (24/8/2023).

Suwarjono berharap, program ini tidak hanya diluncurkan, tetapi bisa langsung berjalan dan didukung semua anggota AMSI. 

“Pada soft launching ini sekaligus memulai penggabungan sejumlah media yang sudah mendaftar masuk dalam agregator ini,” katanya.

Baca Juga: 15 Media Menyatakan Mundur, Ketum AMSI: Terima Kasih

1. Model bisnis bersama ekosistem ekonomi media digital

AMSI Luncurkan Konten Agregator Bernama AmsinewsIlustrasi AMSI (amsi.or.id)

Ketua Tim Developer Agregator Heru Tjatur mengatakan, tujuan membangun agregator ini sebagai upaya untuk berbagi sumber daya untuk maju bersama. 

“Sumber daya teknis untuk mengelola infrastruktur dan teknologi platform publikasi media. Juga sumber daya ekonomi untuk menciptakan model bisnis bersama ekosistem ekonomi media digital,” ujarnya. 

2. Mekanisme anggota yang tergabung dalam agregator

AMSI Luncurkan Konten Agregator Bernama AmsinewsIlustrasi Media Sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Suwarjono memerinci mekanisme anggota yang tergabung dalam agregator ini. Media yang bergabung akan disediakan CMS media. Selain itu, nantinya infrastruktur dan platform disediakan. 

“Bahkan akan disiapkan 10 template yang nanti akan bisa dipilih,” ucapnya.

Baca Juga: AMSI: Keberadaan AI Jadi Tantangan Media Massa di Era Digital

3. Konten akan didistribusikan dari widget agregator sesuai kategori dan isu

AMSI Luncurkan Konten Agregator Bernama AmsinewsIlustrasi (IDN Times/Umi Kalsum)

Selain itu, data yang masuk akan ditarik dan dimasukan ke agregator Amsinews.id. Konten di agregator ini akan didistibusikan melalui widget agregator per kategori atau per isu tertentu.

Perlu diketahui, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) beranggotakan sekitar 450 anggota, yang tersebar di 27 provinsi di Tanah Air.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya