Anies Bagi-bagi Bansos Beras ke 24 RW Hari Ini, Tiap KK Dapat 10 Kg

 Beras berasal dari gabungan kelompok tani

Jakarta IDN Times - Pemprov DKI Jakarta mulai mendistribusikan Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) berupa beras. Penyaluran ini secara simbolis dilakukan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, yang melepas truk pendistribusian beras di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur. Total ada lima ribu ton beras yang didistribusikan.

“Pagi hari ini kita baru saja melepas keberangkatan truk pengantar beras yang akan dikirimkan untuk keluarga penerima di kelurahan Cakung Barat dan Cakung Timur. Ini (BSNT) didistribusikan 5 ribu ton (beras), dan ada 24 RW yang hari ini menerima dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 25.137,” ujarnya, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Bansos Beras Segera Disalurkan, Jokowi: Stok Beras 1,3 Juta Ton Cukup

1. Tiap kepala keluarga akan dapat 10 kilogram beras

Anies Bagi-bagi Bansos Beras ke 24 RW Hari Ini, Tiap KK Dapat 10 KgGubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan secara simbolis melepas truk pendistribusian beras di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (29/7/2021). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies memaparkan bahwa tiap penerima manfaat akan mendapatkan 10 kilogram beras. Dia berharap bantuan ini bisa membantu masyarakat ekonomi rendah.

“Mulai hari ini mereka menerima berbentuk beras senilai 10 kg per kepala keluarga yang diterima oleh KK tersebut. Kita berharap dengan kita berikan bantuan maka keluarga-keluarga di Jakarta, khususnya yang sosio ekonomi rendah, akan bisa terbantu di masa sulit seperti sekarang,” ujarnya.

2. Beras berasal dari gabungan kelompok tani

Anies Bagi-bagi Bansos Beras ke 24 RW Hari Ini, Tiap KK Dapat 10 KgANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Anies memaparkan bahwa beras yang dibagikan ini adalah beras yang berasal dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Indramayu, Karawang, Lampung, Ngawi, Sumedang, dan Garut.

Hal ini merupakan bentuk dari kerja sama antar daerah yang sudah lama dirintis oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Food Station Tjipinang Jaya.

3. Ada 907.616 kepala keluarga yang terima bansos beras

Anies Bagi-bagi Bansos Beras ke 24 RW Hari Ini, Tiap KK Dapat 10 KgIlustrasi gudang beras (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Bantuan yang diberikan untuk masing-masing penerima ini adalah bagian dari bantuan sosial masyarakat di Jakarta, dengan total penerima sebanyak 1.007.379 keluarga penerima manfaat.

Namun, dari jumlah satu juta KPM tersebut sebanyak 99.743 KK belum dapat diberikan bantuan, karena diketahui ada potensi duplikasi data dengan penerima bantuan beras dari Kementerian Sosial, dan saat ini data tersebut sedang dicocokkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Artinya baru ada 907.616 KK yang bakal terima bantuan ini.

Baca Juga: Hore! Pemprov DKI Besok Mulai Bagikan Bansos Beras 10 Kilogram

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya