Hore! Pemprov DKI Besok Mulai Bagikan Bansos Beras 10 Kilogram

Ada 907.616 KK yang siap terima bansos beras

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sosial akan mulai mendistribusikan Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) dalam bentuk beras. Total ada 1.007.379 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan menerima bansos beras. Masing-masing KPM akan menerima 10 kilogram beras.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Premi Lasari mengatakan, pembagian beras akan dilakukan pada 29 Juli - 17 Agustus 2021 melalui Perumda Pasar Jaya dan PT Food Station Tjipinang Jaya.

"Kami sudah mempunyai data by name by address (BNBA) KPM BSNT, yang hari ini (28/7/2021) disampaikan kepada penyedia, yaitu Pasar Jaya dan Food Station untuk disalurkan pada titik lokasi RW. Kemudian, RW akan kembali melakukan pengecekan jumlah dan kondisi paket, lalu  menandatangani Berita Acara Pemeriksaan dan Serah Terima (BAPST), dan disalurkan kepada KPM sesuai BNBA," ujar Premi dalam keterangannya, Rabu (28/7/2021).

Baca Juga: Bansos Beras untuk 20 Juta Penerima Mulai Disalurkan Hari Ini

1. Sebelum terima bansos, warga diharapkan sudah divaksin COVID-19

Hore! Pemprov DKI Besok Mulai Bagikan Bansos Beras 10 KilogramIlustrasi beras (IDN Times/Hendra Simanjuntak)

Premi menjelaskan sebelum penyaluran, perangkat RT dan RW telah diinformasikan terkait daftar nama penerima bantuan beras. Maka itu, RT dan RW diharapkan bisa menghubungi KPM yang pindah alamat untuk datang mengambil jatah bansos beras sesuai jadwal.

Jika tidak diambil, beras akan dikembalikan ke Pemprov DKI Jakarta. Warga yang hendak mengambil bansos beras ini juga diharapkan sudah vaksin.

2. Masih ada 99 ribu KK yang datanya diduga ganda dengan Kemensos

Hore! Pemprov DKI Besok Mulai Bagikan Bansos Beras 10 KilogramPenyaluran bansos (Dok. Kemenko PMK)

Jumlah penerima bansos beras disebut sama dengan penerima BST tahap 5 dan 6, namun dari jumlah satu juta KPM tersebut sebanyak 99.743 KK belum dapat diberikan bantuannya.

Hal tersebut terjadi karena diketahui adanya potensi duplikasi data dengan penerima bantuan beras dari Kementerian Sosial, dan saat ini data tersebut sedang dilakukan pemadanan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

3. Total ada 907.616 KK yang besok terima bansos beras

Hore! Pemprov DKI Besok Mulai Bagikan Bansos Beras 10 KilogramIlustrasi bantuan beras untuk masyarakat terdampak PPKM. ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Bansos beras disalurkan kepada masyarakat yang berada di lima wilayah Kota Administrasi dan Kepulauan Seribu dengan total 907.616 KK. 

Jakarta Pusat sebanyak 50.526 KK, Jakarta Utara 181.367 KK, Jakarta Barat 73.948 KK, Jakarta Selatan 142.029 KK, Jakarta Timur 457.250 KK, dan Kepulauan Seribu 2.496 KK.

Baca Juga: Bansos Beras Segera Disalurkan, Jokowi: Stok Beras 1,3 Juta Ton Cukup

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya