Comscore Tracker

Anies Bakal Pakai 138 Tabung Oksigen Sitaan Polisi untuk Warga Isoman

Jakarta membutuhkan banyak oksigen terutama pasien isoman

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima 138 tabung oksigen hasil penimbunan yang berhasil diungkap oleh Polres Jakarta Pusat. Penyerahan dilakukan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran ke Pemprov DKI Jakarta dan akan digunakan untuk fasilitas kesehatan di ibu kota serta isolasi mandiri.

"Kita berharap nantinya bisa langsung kita manfaatkan, sehingga warga Jakarta yang menjalani isolasi mandiri khususnya dan yang di tempat-tempat fasilitas kesehatan yang tidak memiliki distribusi oksigen secara tersentral akan bisa langsung memanfaatkan," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (27/7/2021).

1. Tabung ukuran kecil bisa dikirim ke rumah warga isoman

Anies Bakal Pakai 138 Tabung Oksigen Sitaan Polisi untuk Warga IsomanPosko Rescue Oxygen Pemprov DKI Jakarta. (IDN Times/Aryodamar)

Anies mengungkapkan bahwa kebutuhan akan oksigen di Jakarta terbilang cukup tinggi, bukan hanya di rumah sakit namun juga bagi pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri.

"Tabung seperti ini ukurannya kecil mudah untuk ditransportasikan mudah untuk digunakan di fasilitas-fasilitas seperti di rumah,” kata dia.

Baca Juga: Kapolda Metro Serahkan 138 Tabung Oksigen Sitaan ke Gubernur Anies

2. Tabung yang diserahkan sudah layak digunakan

Anies Bakal Pakai 138 Tabung Oksigen Sitaan Polisi untuk Warga IsomanIlustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Irjen Pol Fadil Imran menyerahkan 138 dari 166 tabung oksigen hasil sitaan Polres Jakarta Pusat. Ratusan tabung ini adalah barang bukti pengungkapan kasus pemalsuan importasi barang oleh Polres Metro Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

“Sebanyak 138 tabung oksigen sudah dilakukan survei dan penelitian oleh teman-teman dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan layak untuk dimanfatakan fasilitas kesehatan," ujar Fadil dalam kesempatan yang sama.

3. Sisa 28 tabung masih diperiksa oleh Kemenkes

Anies Bakal Pakai 138 Tabung Oksigen Sitaan Polisi untuk Warga IsomanKapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran (ANTARA Jatim/Willy Irawan)

Dari 166 tabung oksigen yang disita 28 sisanya belum dilakukan penelitian. Puluhan tabung oksigen itu akan diserahkan bertahap setelah diteliti Kemenkes. Fadil menyebut barang sitaan yang diserahkan ke Pemprov DKI Jakarta itu sebelumnya sudah dibuatkan berita acara barang bukti pengganti, guna pemenuhan syarat formil dalam persidangan.

"Kita melaksanakan lelang dan BNI bersedia membeli lalu menyerahkan ke Polda dan kami menyerahkan ke Bapak Gubernur," kata jenderal bintang dua itu.

Baca Juga: Klaim Kasus COVID-19 Turun, Anies Unggah Foto Kondisi IGD RSUD di IG

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya