Anies Janji Bawa Aspirasi Demonstran saat Rapat dengan Semua Gubernur

Anies sebut unjuk rasa dihargai asal mematuhi aturan 

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turun ke lokasi perusakan fasilitas halte bus Transjakarta, yang dirusak massa. Dalam kesempatan ini, Anies tidak hanya meninjau kondisi halte-halte yang terbakar dan rusak akibat demo penolakan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) atau Omnibus Law.

Anies juga berjanji akan menyampaikan aspirasi masyarakat saat rapat gubernur seluruh Indonesia.

"Semua aspirasi yang tadi disampaikan kami akan teruskan besok ada undangan rapat semua gubernur, dan besok akan kita teruskan aspirasinya," kata Anies di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Kamis, 9 Oktober 2020 malam.

Baca Juga: [FOTO] Halte hingga Kantor Menteri Rusak Diamuk Demonstran UU Ciptaker

1. Penyampaian aspirasi dihargai asal mematuhi tata tertib

Anies Janji Bawa Aspirasi Demonstran saat Rapat dengan Semua GubernurSuasana demo tolak UU Cipta Kerja (Omnibus Law) pada Kamis (8/10/2020) di kawasan Monas (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Anies menjelaskan pihaknya menghargai penyampaian aspirasi yang dilakukan para demonstran di Jakarta.

"Penyampaian aspirasi akan selalu kami hargai, kami hormati," ujar dia.

Namun, Anies mengatakan, masyarakat harus bisa menahan diri untuk menyampaikan aspirasi dengan baik dan tertib, tanpa harus merusak fasilitas umum.

2. Ada sekitar 20 halte bus TransJakarta yang rusak di Jakarta akibat demonstrasi

Anies Janji Bawa Aspirasi Demonstran saat Rapat dengan Semua GubernurHalte Sarinah Dibakar Massa Perusuh (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Usai memantau kerusakan fasilitas di Jakarta pasca-demo, Anies mendapati 20 halte bus TransJakarta rusak, dengan kerugian mencapai Rp55 miliar.

"Sejauh ini fasilitas umum yang paling banyak terdampak adalah halte-halte bus, total ada sekitar 20 halte. Kemudian, halte saja diperkirakan nilainya Rp55 miliar," kata dia kepada wartawan, Jumat.

3. Anies akan melakukan perbaikan fasilitas yang rusak

Anies Janji Bawa Aspirasi Demonstran saat Rapat dengan Semua GubernurHalte Bundaran HI dibakar massa, Kamis (8/10/2020) (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Anies sebelumnya juga mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta sudah memprediksi adanya gejolak akibat UU Cipta Kerja. Dengan adanya sejumlah kerusakan akibat demo, Pemprov DKI Jakarta juga sudah siap merogoh kocek dalam-dalam untuk memperbaiki fasilitas umum yang rusak.

"DKI yang membiayai, sudah diprediksi, tadi sudah dihitung biayanya sekitar Rp25 miliar," ujar dia.

Baca Juga: Anies: Kerugian Rp55 M Akibat 20 Halte TransJakarta Rusak Karena Demo

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya