Anies Klaim Ada 100 RS Rujukan COVID-19 di Jakarta

Selain itu sudah ada fasilitas isolasi di hotel

Jakarta, IDN Times – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim bahwa sudah ada 100 rumah sakit rujukan COVID-19 yang disediakan pemerintah hingga saat ini.

“Bagi yang punya gejala sedang atau berat harus dirawat, itu sekarang ada tambahan rumah sakit sehingga kita saat ini ada 100 rumah sakit rujukan yang bisa digunakan,” kata dia usai menggelar Apel Kesiapan Tanggap Bencana Banjir Tahun 2020-2021 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Baca Juga: Luhut VS COVID-19: Menang atau Tumbang?

1. Anies perbolehkan pasien tanpa gejala COVID-19 isolasi mandiri

Anies Klaim Ada 100 RS Rujukan COVID-19 di JakartaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta (Dok. IDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies tidak menyebutkan secara detil penambahan rumah sakit tersebut.

Namun, dia mengatakan bahwa saat ini pasien yang tidak bergejala (OTG) atau yang memiliki gejala ringan bisa menjalankan isolasi di rumah atau fasilitas kesehatan yang telah disediakan pemerintah. Sedangkan pasien dengan gejala berat akan dialihkan ke rumah sakit rujukan.

“Intinya bahwa setiap warga yang terpapar dan terinfeksi COVID-19, dia harus melakukan isolasi mandiri dan ini bisa dikerjakan sendiri atau isolasi lewat fasilitas pemerintah,” ujar dia.

2. Fasilitas RS yang disediakan untuk isolasi mandiri

Anies Klaim Ada 100 RS Rujukan COVID-19 di JakartaPenghormatan terakhir Sekda DKI Jakarta, Saefullah di Balai Kota pada Rabu (16/9/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Hingga saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah bekerja sama dengan 26 rumah sakit (RS) swasta yang dijadikan rumah sakit rujukan.

Pemprov DKI Jakarta hingga saat ini sudah menyediakan 67 RS rujukan di lima kota administrasi. Kemudian, 13 RSUD di Ibu Kota digunakan khusus untuk pasien COVID-19.

“Intinya bila terpapar harus isolasi secara terkendali,” kata dia.

3. Anies sediakan tempat isolasi di hotel dan beberapa fasilitas umum

Anies Klaim Ada 100 RS Rujukan COVID-19 di JakartaGubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bersama dengan Riza Patria mengapresiasi keberadaan Tugu Peringatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kawasan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Instagram.com/kominfotik_ju)

Selain itu juga ada tiga tempat yang ditambah untuk isolasi mandiri dengan total 166 kamar isolasi, yakni di Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre), Jakarta Utara, Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur serta Graha Wisata Ragunan di Jakarta Selatan.

Serta sejumlah hotel yang bisa menampung ratusan pasien mulai dari Hotel Ibis Styles Mangga Dua dengan kapasitas 212 pasien dan U Stay Mangga Besar dengan kapasitas 140 pasien COVID-19.

Baca Juga: Banyak Warga ke Luar Jakarta karena PSBB, Wagub DKI: Itu Konsekuensi

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya