Anies Kumpulkan Seluruh Kepala RS di DKI Jakarta, Bahas Virus Corona 

Hadirkan Tim RPSI untuk samakan cara hadapi corona

Jakarta, IDN Times - Mengantisipasi virus corona atau COVID-19 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pertemuan dengan seluruh kepala pimpinan rumah sakit di Balai Kota DKI Jakarta.

"Tadi Pemprov DKI mengumpulkan seluruh pimpinan rumah sakit 190 rumah sakit," ujar Anies saat ditemui Balai Kota Jakarta Pusat, Kamis 5 Maret 2020.

Dia mengatakan, pada pertemuan tersebut DKI mendatangkan tim Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso dan Kementerian Kesehatan untuk memberikan pemaparan serta kepada pimpinan rumah sakit tersebut.

Baca Juga: Pemerintah Siap Bangun Rumah Sakit Khusus Virus Corona di Pulau Galang

1. Bisa bentuk kesamaan pemahaman dan protokol

Anies Kumpulkan Seluruh Kepala RS di DKI Jakarta, Bahas Virus Corona Ilustrasi Rumah Sakit. Dok.IDN Times/Istimewa

Pemaparan dalam pertemuan tersebut, kata Anies diharapkan dapat menjadi membentuk pemahaman dan protokol yang sama bagi seluruh rumah sakit untuk mengambil tindakan ketika menangani kasus virus corona di Jakarta.

2. Kesamaan bukan hanya di pihak pemprov tapi seluruh unsur

Anies Kumpulkan Seluruh Kepala RS di DKI Jakarta, Bahas Virus Corona Ilustrasi rumah sakit. IDN Times/Wira Sanjiwani

Rumah sakit di Jakarta, kata Anies, haruskah memiliki standar serta tingkat kesiagaan yang sama untuk memberikan pelayanan medis saat menemui kasus virus corona.

"Bukan hanya di jajaran pemprov, di rumah sakit pemprov, di puskesmas, tapi juga di semua rumah sakit yang ada di Ibu Kota," katanya.

3. Diharapkan warga bisa tenang dengan kesamaan pemahaman ini

Anies Kumpulkan Seluruh Kepala RS di DKI Jakarta, Bahas Virus Corona Pemprov DKI, Anies Baswedan Mengadakan Konpers Menanggapi Virus Corona di Indonesia (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Kesiapsiagaan dalam menghadapi virus corona dengan sinergi yang sama di setiap rumah sakit, menurut Anies dapat membuat warga bisa tenang dari ancaman penularan virus Corona.

"Seluruh warga bisa mendapatkan ketenangan," ujarnya.

Baca Juga: Virus Corona Masuk Indonesia, Kemenkes Tambah 32 Rumah Sakit Rujukan

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya