Lebaran di Tengah Pandemik, Anies Lakukan Silaturahmi Virtual

Anies pun menunaikan ibadah Idulfitri di rumah

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar silaturahmi virtual dengan keluarga besar di hari raya Idulfitri 1441 Hijriyah di tengah pandemik COVID-19 ini. Ia memanfaatkan fitur siaran langsung di Instagram untuk menyapa warga Jakarta.

"Keluarga kami biasanya keluarga besar kumpul di rumah kita. Cuma, karena lagi pandemik, silaturahminya lagi digital," ujar dia melalui akun instagram pribadinya @aniebaswedan pada Minggu (24/5).

Lalu, apa pesan Anies bagi warga DKI Jakarta yang merayakan Idulfitri?

1. Anies berharap warga DKI Jakarta tetap bisa berlebaran di tengah PSBB

Lebaran di Tengah Pandemik, Anies Lakukan Silaturahmi Virtual(Suasana Idulfitri di kediaman Gubernur Anies Baswedan) www.instagram.com/@aniesbaswedan

Kebersamaan dengan keluarga saat Idulfitri dipamerkan Anies di akun media sosialnya pada hari ini. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berkumpul bersama ibu, istri dan empat anak yang kompak mengenakan baju berwarna senada yakni berwarna oranye. Ia mengatakan bahwa momen Idulfitri bisa menjadikan Jakarta menuju new normal setelah pandemik. Apalagi PSBB tidak akan selamanya diberlakukan di Jakarta.

"Jadi hari ini jadi unik. Karena, biasanya kalau kita lebaran salaman ketemuan langsung.  Sekarang pertama kali lebaran jarak jauh, mudah-mudahan teman-teman semua lebarannya tetap PSBB, biar Jakarta menuju new normal," ujar dia.

Baca Juga: Kenapa McD Sarinah Cuma Didenda Rp10 Juta? Ini Jawaban Anies Baswedan

2. Ibunda Anies turut tampil dalam siaran langsung tersebut

Lebaran di Tengah Pandemik, Anies Lakukan Silaturahmi Virtual(Suasana Idulfitri 1441 H di kediaman Gubernur Anies Baswedan) www.instagram.com/@aniesbaswedan

Selain beribadah dan mengunggah foto, rupanya Anies menggunakan media sosial untuk melakukan live streaming dengan para pengikutnya. Saking cukup banyak yang mengikuti kegiatan bincang daring itu, Anies sempat meminta kepada sang ibu untuk menyapa warganet yang menonton di akun media sosialnya. 

"Halo semuanya, Minal Aidin Walfaidzin. Mudah-mudahan diterima amal ibadah kita di bulan puasa kemarin ya," ujar sang ibunda, Aliyah Rasyid.

3. Pandemik memaksa warga di dunia merayakan Idulfitri terpisah dan berjauhan

Lebaran di Tengah Pandemik, Anies Lakukan Silaturahmi VirtualGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di program Ngobrol Seru by IDN Times, Sabtu (23/5)

Anies menjelaskan ini memang jadi kali pertama buatnya dan keluarga terpisah merayakan Idulfitri. Dengan turut menjaga jarak, Anies seolah ingin menjadi contoh lain bagi warga DKI Jakarta. Sebab, bila tidak dicegah, maka dikhawatirkan masa pandemik akan berakhir lebih lama lagi. 

Ia turut mengatakan bahwa banyak sanak saudaranya yang berasal dari berbagai wilayah seperti Rempoa, Bekasi, Bandung bahkan di Melbourne, Australia tidak bisa bersua karena pandemik virus corona.

 

Baca Juga: Anies: Sekolah di Jakarta Baru Dibuka Setelah Aman dari Pandemik 

Topik:

Berita Terkini Lainnya