Anies: Tanggul Bukan Solusi Utama Cegah Jakarta Tenggelam

Anies akan pastikan penyedotan air tanah berkurang

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan tanggul-tanggul yang dibangun bukan jadi solusi permanen untuk menangan banjir yang kerap datang di Ibu Kota. Tanggul, kata Anies, juga tak bisa menahan air laut.

Penyelesaian isu potensi Jakarta tenggelam ini juga tak bisa hanya dilakukan dengan pembangunan tanggul. Masyarakat Jakarta, kata Anies, juga harus mengurangi penyedotan air tanah atau air pompa.

"Tanggulnya ada tapi itu bukan silver bullet, kita harus tambahkan pastikan bahwa penyedotan air berkurang," ujar Anies dalam acara yang diselenggarakan LPK & SDA PP IA-ITB secara daring, Selasa (10/8/2021) malam.

1. Eksplotasi air buat penurunan muka tanah

Anies: Tanggul Bukan Solusi Utama Cegah Jakarta TenggelamANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Anies mengungkapkan banjir dan potensi Jakarta tenggelam dapat diantisipasi dengan tidak mengeksploitasi air tanah. Pengendalian penggunaan air tanah dapat memperlambat penurunan muka tanah.

"Jakarta tenggelam tidak hanya dikarenakan naiknya permukaan air laut, seperti yang diperbincangkan Joe Biden (Presiden Amerika Serikat), tapi juga penurunan muka tanah yang salah satu sebabnya eksploitasi air tanah," kata dia.

Baca Juga: Soal Jakarta Akan Tenggelam, Anies: Biden Ajak AS Tobat Paradigmatik 

2. Tanah di Jakarta turun karena dua hal

Anies: Tanggul Bukan Solusi Utama Cegah Jakarta TenggelamIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengungkapkan permasalahan penurunan tanah di Jakarta terjadi karena dua hal, yakni air laut yang naik dan penurunan muka tanah atau land subsdence.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta adalah dengan menindak gedung-gedung pencakar langit yang masih mengeksploitasi air tanah.

3. Menindak gedung-gedung yang masih eksploitasi air tanah

Anies: Tanggul Bukan Solusi Utama Cegah Jakarta TenggelamFoto udara kendaraan melintas di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Sabtu (28/3/2020) (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Dia mengungkapkan jajaran Pemprov DKI Jakarta kerap melakukan inspeksi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin dan banyak gedung yang tak menaati aturan tentang penggunaan air. Anies mengatakan hal ini adalah bentuk pelanggaran karena keserakahan, karena efeknya dirasakan seluruh warga Jakarta.

"Kalau ada yang secara ilmiah kebijakan Jakarta harus ada yang diperbaiki, ayo kita perbaiki sama-sama. Yang penting prioritas tadi tidak kelewat. People keadilan dan planet kelestarian," ujarnya.

Baca Juga: Anies: Penghentian Reklamasi Langkah Tepat Cegah Jakarta Tenggelam

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya