Comscore Tracker

Anies Yakin Target Vaksinasi 3 Juta Warga Jakarta Rampung Akhir Juni

Target 7,5 juta warga DKI selesai divaksinasi Agustus 2021

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemprov akan menargetkan vaksinasi COVID-19 terhadap tiga juta warga. Jumlah itu ditargetkan rampung hingga akhir Juni 2021. Anies mengatakan bahwa DKI memiliki target untuk menyuntikkan vaksin ke 100 ribu warga per harinya.

"Memang target kami di Jakarta akan dilakukan kegiatan vaksinasi, insyaAllah per hari targetkan 100 ribu rata-rata," ujar dia di kawasan Jakarta Pusat, Senin (13/6/2021).

1. Anies laporkan sudah ada 2,9 juta orang yang menerima vaksinasi

Anies Yakin Target Vaksinasi 3 Juta Warga Jakarta Rampung Akhir JuniIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Dengan target penyuntikan 100 ribu dosis vaksin COVID-19 per hari untuk wilayah DKI Jakarta sekitar 7,5 juta warga DKI Jakarta diperkirakan akan mendapat vaksin COVID-19 pada akhir Agustus 2021.

"Sekarang sudah dibilang 2,9 juta (warga) tervaksin. Target di bulan Juni ini 3 juta," kata Anies.

Baca Juga: Anies Diundang Rapat oleh Airlangga, Bahas PPKM DKI Jakarta?

2. Sebanyak 72 persen lansia sudah divaksin

Anies Yakin Target Vaksinasi 3 Juta Warga Jakarta Rampung Akhir JuniPetugas tenaga kesehatan berdiri di depan video penggunaan Vaksin saat pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi petugas pelayan publik di Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (2/3/2021) (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini menjelaskan bahwa vaksinasi di Jakarta sudah mencapai dengan 72 persen untuk kelompok lanjut usia (lansia).

Anies mengatakan bahwa jika banyak orang tua yang terpapar COVID-19 namun sudah vaksin, adanya gejala berat bisa diantisipasi.

"Kita meskipun ada gelombang tinggi, tapi tingkat kematian tidak tinggi karena banyak orang tua yang terpapar sudah pernah mendapatkan vaksin. Sehingga tidak mengalami gejala berat," ujarnya.

3. Jokowi minta DKI vaksinasi 7,5 juta orang hingga Agustus

Anies Yakin Target Vaksinasi 3 Juta Warga Jakarta Rampung Akhir JuniPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sebelumnya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo memberikan target kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, terkait program vaksinasi di DKI Jakarta. Usai meninjau vaksinasi massal di Rumah Susun Tanah Tinggi, Jakarta, Jokowi menargetkan 7,5 juta penduduk DKI sudah divaksinasi pada akhir Agustus 2021.

Presiden Jokowi berharap kerja keras semua pihak, mulai dari pemerintah daerah hingga seluruh puskesmas dan rumah sakit.

“Saya juga tadi telah menyampaikan kepada Gubernur DKI untuk nanti di akhir Agustus, target 7,5 juta penduduk di Jakarta harus sudah tervaksinasi. Ini memang target yang sangat ambisus. Tapi mau tidak mau, kita harus menuju ke sana untuk mencapai kekebalan komunal, herd immunity,” kata Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/6/2021).

Baca Juga: Di Depan Anies, Jokowi: Target Vaksinasi di DKI 100 Ribu per Hari 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya