Comscore Tracker

Antisipasi Genangan, Pembangunan Waduk di TPU COVID-19 Rorotan Dimulai

Waduk untuk antisipasi genangan saat musim hujan

Jakarta, IDN Times -  Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, mulai membuat waduk di Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus jenazah pasien COVID-19 Rorotan. Pengerukan dengan alat berat pun dimulai.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Cilincing, Tjahyono Budi Setiawan, mengatakan waduk dibuat untuk melengkapi fasilitas pada area pemakaman di TPU Rorotan.

"Selain membuat jalan masuk ke area pemakaman dan lokasi parkir, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga mempersiapkan drainase berikut sebuah waduk dan sebuah kolam retensi yang posisinya di sudut kanan dan kiri area makam," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (6/8/2021)

1. Waduk untuk antisipasi genangan saat musim hujan

Antisipasi Genangan, Pembangunan Waduk di TPU COVID-19 Rorotan DimulaiSatuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Cilincing mulai membuat waduk di Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus jenazah pasien COVID-19, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara (instagram.com/Kominfotik_ju)

Pembuatan waduk di TPU COVID-19 Rorotan dilakukan sebagai antisipasi terjadinya genangan saat musim hujan. Tjahyono menerangkan waduk dan kolam retensi tersebut nantinya berfungsi sebagai lokasi penampungan air saat hujan.

"Pada sisi kanan jalan utama akan dibuat waduk seluas dua hektare. Untuk sisi kiri akan dibuat kolam retensi seluas 1,5 hektare," ungkapnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Lakukan Pematangan 10 Hektare Lahan di TPU Rorotan

2. Proses pengerukan sudah berlangsung selama sepekan

Antisipasi Genangan, Pembangunan Waduk di TPU COVID-19 Rorotan DimulaiSatuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Cilincing mulai membuat waduk di Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus jenazah pasien COVID-19, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara (instagram.com/Kominfotik_ju)

Ia mengungkapkan denah atau rencana pembangunan kedua lokasi penampungan air pada makam COVID-19 Rorotan tersebut juga sudah selesai dibuat.

Pembangunan waduk yang dimulai dengan pengerukan pun telah dimulai sejak seminggu terakhir.

3. TPU Rorotan untuk makam COVID-19 khusus warga DKI

Antisipasi Genangan, Pembangunan Waduk di TPU COVID-19 Rorotan DimulaiPemakaman jenazah pasien COVID-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara (4/7/2021). (IDN Times/Uni Lubis)

Dari gambar yang dibagikan Satuan Pelaksana SDA Cilincing, terlihat sejumlah alat berat sudah mulai melakukan pengerukan di area makam. TPU Rorotan memiliki luas 25 hektare, pengerukan waduk dilakukan di sisi kanan dan kiri. 

Untuk diketahui, TPU Rorotan digunakan untuk pemakaman jenazah COVID-19 yang memiliki KTP DKI Jakarta.

Baca Juga: Anies Tinjau TPU Rorotan: Jangan Semakin Banyak yang Diantar ke Sini

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya