Comscore Tracker

Bansos untuk Warga DKI akan Dibagikan Sebulan Sekali Mulai Bulan Juli

Mekanisme tetap sama namun nominal dikurangi

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Juliari Batubara menjelaskan bahwa pembagian bantuan sosial (bansos) bagi warga DKI Jakarta yang terdampak COVID-19 akan dilakukan sebulan sekali mulai Juli ini.

"Mekanismenya tetap sama hanya penyalurannya sebulan sekali karena nilai bantuannya berkurang," kata Mensos Juliari seperti dilansir ANTARA, Sabtu (4/7).

1. Nominal bansos dikurangi jadi Rp300 ribu

Bansos untuk Warga DKI akan Dibagikan Sebulan Sekali Mulai Bulan JuliBansos PSBB Jakarta (Twitter/@milliyya)

Juliari menjelaskan bahwa bansos gelombang kedua mulai dibagikan pada Juli 2020, dengan nilai bantuan yang berkurang dari sebelumnya Rp600 ribu menjadi Rp300 ribu per keluarga hingga bulan Desember.

Bansos senilai Rp600 ribu per keluarga setiap bulan sudah disalurkan sejak April hingga Juni dalam enam tahap, yakni dua kali sebulan.

Baca Juga: Kemensos Pastikan Bansos Gelombang Pertama Tuntas 15 Juli  

2. Bansos gelombang kedua akan disalurkan pada 1,9 juta warga di DKI dan Bodetabek

Bansos untuk Warga DKI akan Dibagikan Sebulan Sekali Mulai Bulan JuliIDN Times/Candra Irawan

Bansos gelombang kedua ini akan diberikan pada 1,3 juta warga DKI Jakarta dan 600 ribu warga Bodetabek hingga Desember 2020.

"Walau nilai bantuan berkurang, tapi program-program lain juga sudah digerakkan, sekarang yang penting adalah pemulihan ekonominya," kata Juliari.

3. Pemerintah mulai fokus untuk pemulihan ekonomi

Bansos untuk Warga DKI akan Dibagikan Sebulan Sekali Mulai Bulan JuliMenteri Sosial Juliari Batubara memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat 3 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Akibat pandemik COVID-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) banyak warga yang tak bisa beraktivitas, sehingga ekonomi pun ikut terpuruk. Karena status PSBB sudah mulai diturunkan ke arah transisi menuju normal baru, maka pemerintah akan mulai fokus pada pemulihan perekonomian.

"Ke depan program-program ekonomi baik pusat mau pun daerah sudah digelontorkan semua," ujar Juliari.

Baca Juga: Masyarakat Suku Baduy Tolak Bansos Tunai COVID-19 dari Pemerintah 

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya