Beberapa Daerah Rentan TPPO yang Jadi Sorotan Imigrasi

Imigrasi lakukan antisipasi dan mitigasi

Bali, IDN Times - Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), mengungkapkan beberapa daerah yang disoroti terkait Tindak Pidana Perdanganan Orang (TPPO) dan Penyelundupan Manusia (TPPM). Setidaknya, ada empat kawasan yang benar-benar disorot atas dua aktivitas ilegal ini.

"Ada basis-basisnya. Misalnya, di Nusa Tenggara Timur (NTT) ada, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Timur, kemudian Sulawesi Selatan," kata Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, dalam agenda Festival Imigrasi 2023, di Denpasar, Bali Selasa (18/7/2023).

1. Berikan instruksi pendalaman saat pembuatan paspor

Beberapa Daerah Rentan TPPO yang Jadi Sorotan ImigrasiDirektur Jenderal Imirasi, Silmy Karim dalam agenda Festival Imigrasi 2023, di Denpasar, Bali Selasa (18/7/2023) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Satgas internal dibentuk oleh imigrasi demi menyikapi aktivitas TPPO dan TPPM. Selain itu, sejumlah langkah seperti sosialisasi dan instruksi pendalaman dalam pembuata paspor juga dilakukan. Pihak imigrasi juga mengintensifkan pemeriksaan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI).

"Satgas ini, selain ikut mengungkap (TPPO dan TPPM), tapi juga melakukan upaya sosialisasi, dan melakukan perbaikan, penetapan kebijakan," kata dia.

Baca Juga: Imigrasi Bandara Soetta Gagalkan Keberangkatan 2.659 PMI Ilegal

2. Antisipasi pemohon paspor perempuan berusia 17-45 tahun

Beberapa Daerah Rentan TPPO yang Jadi Sorotan ImigrasiDirektur Jenderal Imigrasi Silmy Karim saat memberi keterangan soal penangkapan DPO WN Italia berinisial AG oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta (dok. Ditjen Imigrasi Kemenkumham)

Salah satu langkah pencegahan yang dilakukan oleh imigrasi adalah mengantisipasi pemohon paspor perempuan dengan rentang usia 17 hingga 45 tahun. Karena korban TPPO yang rawan adalah perempuan.

"Kami profiling atas yang bersangkutan untuk paspor pertama itu kami dalami. Karena, mereka biasanya mengaku wisata, kunjungan keluarga. Nah ini kami dalami. Supaya jangan sampai mereka menjadi korban jadi antisipasi ini. Ini berdasarkan statistik," kata Silmy.

3. Modus-modus terjadinya TPPO

Beberapa Daerah Rentan TPPO yang Jadi Sorotan ImigrasiKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Humas Polri)

Kapolri Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, berdasarkan data 2020-2023, korban TPPO didominasi oleh perempuan, yaitu 796 dewasa dan 475 anak.

Ada beberapa modus yang dicatat oleh pihak kepolisian, yaitu Pekerja Migran Indonesia (PMI), Wanita Tuna Susila (WTS), Pekerja Rumah Tangga (PRT), Anak Buah Kapal (ABK), hingga penipuan.

"Angka ini masih di permukaan, karena kasus TPPO masih ditangani oleh level sub direktorat. Sehingga, inilah alasan mengapa jangkauan kami harus menjadi lebih luas dan membutuhkan satu direktorat khusus," kata dia, 6 Juni 2023 lalu.

Baca Juga: Anggota DPR ke Filipina, Cek 140 WNI Korban TPPO 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya