Bersihkan Selokan, Petugas Sudin SDA Temukan Tengkorak Manusia

Gigi masih utuh dan rahang menempel

Jakarta, IDN Times - Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur menemukan kerangka yang diduga tengkorak manusia. Kerangka manusia itu ditemukan dalam selokan di depan kavling DKI Jalan Radin Inten II Kelurahan/Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (23/10/2023).

Dilansir ANTARA, Petugas Suku Dinas (Sudin) SDA Jakarta Timur, Erwani (40) mengatakan tengkorak dan tulang bagian lengan itu ditemukan sekitar pukul 14.15 WIB. Penemuan terjadi saat petugas tengah membersihkan saluran air di depan kavling DKI Duren Sawit dari arah Kalimalang menuju Kanal Banjir Timur (KBT). Saluran air yang tengah dibersihkan memiliki kedalaman sekitar 50 sentimeter

"Yang awal menemukan teman saya, menemukan kepala manusia yang masih terbungkus pakaian. Saya penasaran, saya buka dan ternyata benar kepala manusia," kata dia, dikutip Selasa (24/10/2023).

Baca Juga: Geger! Warga Temukan Kerangka Manusia Dicor Dalam Drum di Sungai

1. Gigi masih ada dan rahang masih menempel

Bersihkan Selokan, Petugas Sudin SDA Temukan Tengkorak ManusiaIlustrasi jenazah (IDN Times/Mardya Shakti)

Erwani menjelaskan, saat ditemukan, tengkorang diduga milik manusia itu masih memiliki gigi yang utuh, bahkan rahang masih menempel bagian atas dan bawahnya.

"Giginya masih ada dan rahangnya masih menempel. Kalau kulit sudah pada terkelupas (tinggal kerangka doang)," kata Erwani.

2. Inafis didatangkan ke lokasi penemuan tengkorak

Bersihkan Selokan, Petugas Sudin SDA Temukan Tengkorak ManusiaIlustrasi Tim Inafis.IDN Times/Linda Juliawanti

Terkait penemuan tengkorak dan tulang belulang di selokan ini, petugas SDA melapor pada pihak keamanan setempaf dan diteruskan ke Polsek Duren Sawit.

Kemudian, Tim Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Duren datang ke lokasi dan mengecek kondisi tengkorak dan lokasi penemuannha

Satuan Reskrim Polsek Duren Sawit menghubungi Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) dari Polres Metro Jakarta Timur untuk mengidentifikasi tengkorak di lokasi penemuan.

3. Dibawa ke RS Polri Kramat Jati

Bersihkan Selokan, Petugas Sudin SDA Temukan Tengkorak ManusiaRuang Transit Jenazah RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Setelahnya, petugas Inafis Polres Metro Jakarta Timur (Jaktim) tiba dan langsung mengidentifikasi tengkorak dan tulang lengan yang menyerupai manusia tersebut.

Untuk pemeriksaan lanjutan berupa visum tengkorak dan tulang belulang manusia itu pun langsung di bawa ke Rumah Sakit (RS) Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Baca Juga: Warga Kaget Temukan Tengkorak di Parit saat Cek Aliran Air

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya