Comscore Tracker

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terjadi Mulai 25 Februari Hingga 2 Maret

Diakibatkan adanya badai tropis Ferdinand

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya potensi cuaca ekstrem sejak 25 Februari hingga 2 Maret 2020.

Potensi hujan lebat ini akan melanda beberapa wilayah Indonesia. Penyebabnya adanya cuaca ekstrem ini terlihat berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini. Hal ini adalah efek dari adanya badai tropis Ferdinand.

"Pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia,"
kata Deputi Bidang Meteorologi R. Mulyono R. Prabowo melalui keterangan tertulis, Rabu (26/2).

1. Kekuatan labilitas udara di beberapa wilayah

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terjadi Mulai 25 Februari Hingga 2 MaretIlustrasi (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sementara itu labilitas udara cukup kuat di beberapa wilayah, kondisi ini berkontribusi pada peningkatan konektivitas skala lokal terutama di pesisir barat Sumatera, Aceh, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, sebagian besar Jawa, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga: Banjir Kepung Jakarta, Anies Sudah Tahu Cuaca Ekstrem Sejak Desember 

2. Badai tropis Ferdinand terdeteksi sejak 24 Februari

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terjadi Mulai 25 Februari Hingga 2 MaretIlustrasi Hujan (IDN Times/Sunariyah)

Menurut BMKG badai tropis Ferdinand mulai terdeteksi sejak 24 Februari di Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Barat, serta sirkulasi angin di wilayah Samudera Hindia sebelah barat daya Banten.

Hal ini menyebabkan adanya pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

3. Wilayah yang diperkirakan akan diguyur hujan lebat

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terjadi Mulai 25 Februari Hingga 2 MaretIDN Times/Sukma Shakti

Terkait dengan kondisi tersebut, BMKG memperkirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat yang terjadi secara kontinyu disertai kilat/petir berpotensi terjadi di wilayah berikut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat itu pada periode 25-28 Februari 2020:

Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan pada periode 29 Februari hingga 2 Maret hujan lebat akan mengguyur beberapa daerah, yakni:

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Pulau Jawa, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga: BMKG: Jakarta dan Sekitarnya akan Diguyur Hujan Lebat Malam Ini

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya