BST DKI Jakarta Cair Hari Ini, Begini Cara Cek Status Penerimanya

Warga Jakarta bakal dapat bansos tunai Rp600 ribu

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta mulai mencairkan dana bantuan sosial tunai atau BST mulai hari ini, Senin (19/7/2021). Bansos ini akan langsung diberikan ke rekening penerima melalui Bank DKI.

"(BST) dari Pemprov DKI transfer akan dilakukan besok (Senin hari ini) melalui rekening penerima, sehingga mereka langsung bisa menerima di rekeningnya masing-masing," kata Anies dalam keterangannya Minggu (18/7/2021).

 

1. DKI siapkan BST Rp604 miliar

BST DKI Jakarta Cair Hari Ini, Begini Cara Cek Status PenerimanyaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan peringati hari Donor Darah Sedunia di Kantor Palang Merah Indonedia DKI Jakarta, Kramat, Senen, Jakarta Pusat (Instagram.com/aniesbaswedan)

Anies mengatakan bahwa telah menganggarkan bantuan sosial senilai Rp604 miliar. Sementara, ada 1,8 juta keluarga di Jakarta yang terdaftar menerima bantuan sosial. 

"Jadi 1,8 juta kepala keluarga yang menerima bantuan. 1 juta dibantu melalui APBD oleh Pemprov, 837 ribu itu melalui APBN Kemensos," ujar dia.

Baca Juga: Siap-siap, Warga DKI Bakal Terima BST Rp600 Ribu untuk 2 Bulan

2. Warga dapat uang Rp600 ribu untuk 2 bulan

BST DKI Jakarta Cair Hari Ini, Begini Cara Cek Status Penerimanyailustrasi uang (IDN Times/Dwi Agustiar)

Pemprov DKI Jakarta sebelumnya menjelaskan bahwa setiap keluarga penerima manfaat akan mendapat Rp600 ribu. Uang tersebut merupakan jatah bansos tunai yang digabungkan untuk dua bulan. 

"Dana BST akan langsung dikirimkan ke rekening penerima BST sekitar minggu ke-3 Juli 2021," demikian tulis laman corona.jakarta.go.id.

3. Begini cara cek status penerimaan BST

BST DKI Jakarta Cair Hari Ini, Begini Cara Cek Status PenerimanyaIlustrasi ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Total ada 1.007.379 warga Jakarta yang menerima BST. Warga bisa mengecek sendiri apakah keluarganya termasuk penerima bansos atau tidak secara online.

Caranya adalah dengan mengakses situs https://corona.jakarta.go.id/id/informasi-bantuan-sosial kemudian memasukkan nomor kartu keluarga (KK) dalam kotak yang tersedia.

 

Baca Juga: BST DKI Jakarta Rp600 Ribu Cair Minggu Ketiga Juli

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya