Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Rumah Mewah Anies Baswedan Hasil Gratifikasi Reklamasi

Benarkah rumah mewah itu milik Anies? Berikut penelusurannya

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terjerat isu liar terkait gratifikasi. Dia disebut menerima sebuah rumah mewah hasil dari proyek reklamasi. Foto rumah itu tersebar di media sosial. Rumah dengan ornamen emas dan pagar hitam itu dinarasikan berada di kawasan Kebayoran Baru.

Drone Emprit menyatakan bahwa rumah mewah itu dicomot dari situs jual beli. Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi lewat akun Twitternya @ismailfahmi membagikan hasil pelacakan foto rumah tersebut dan ternyata diambil dari situs jual beli rumah yang berlokasi di Cipayung, Jakarta Timur, bukan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Ketemu sumber aslinya: dari https://t.co/xQDFRvkJEz. Semoga bermanfaat," ujarnya seperti dikutip, Selasa (25/5/2021).

IDN Times berusaha melakukan penelusuran lebih lanjut secara daring lewat gambar yang tersebar di media sosial tersebut. Berikut hasil penelusurannya.

1. Dipajang di sejumlah situs jual beli rumah

[CEK FAKTA] Rumah Mewah Anies Baswedan Hasil Gratifikasi ReklamasiTangkapan Layar - Rumah mewah yang dinarasikan milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (maps.google.com)

Lewat pencarian gambar dengan angle yang sama dengan yang tersebar di media sosial terlihat bahwa foto rumah tersebut banyak bertebaran di situs jual beli rumah secara daring.

Ada sejumlah situs yang menawarkan rumah ini, yakni  https://rumahdijual.com/jakarta-timur/4719423-rumah-mewah-siap-huni-baru-murah-di-bambu-apus.html dan https://www.realoka.com/130756-dijual-rumah-mewah-classic-siap-huni-cipayung.

Dari salah satu situs jual beli juga ditampilkan interior dalam rumah beserta ruangan-ruangannya. Harga jual yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari Rp4-6 miliar namun kini statusnya sudah diganti telah terjual. Iklan itu juga sudah dipasang sejak 2018.

Baca Juga: Anies Baswedan Jawab Isu Rumah Mewah Hasil Gratifikasi Reklamasi

2. Warga sebut tak ada mobil dan gerbang tertutup

[CEK FAKTA] Rumah Mewah Anies Baswedan Hasil Gratifikasi ReklamasiRumah mewah yang dinarasikan milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (dok. IDN Times/Istimewa)

Salah seorang warga Cipayung mengatakan lokasi rumah itu berada di  di Jalan Mandor Hasan, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

Sumber yang tak ingin disebutkan identitasnya itu mengatakan bahwa rumah itu memang menurutnya familiar dan kerap dia lewati. Hari ini dia juga melewati rumah itu dan mengatakan tak ada aktivitas yang terlihat dari luar gerbang.

"Gak ada mobil, gerbang juga ditutup dan itukan dekat permukiman warga, nah warganya beraktivitas normal aja gitu," kata dia kepada IDN Times, Selasa.

3. Penelusuran lewat Google Maps menyatakan rumah itu berlokasi di Cipayung, Jakarta Timur

[CEK FAKTA] Rumah Mewah Anies Baswedan Hasil Gratifikasi ReklamasiTangkapan Layar - Rumah mewah yang dinarasikan milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (maps.google.com)

IDN Times kemudian mencoba membuktikannya melalui Google Maps. Verifikasi lokasi lewat Google Maps menunjukkan lokasi rumah itu benar berada di Jalan Mandor Hasan, Cipayung, Jakarta Timur dan ada di seberang Majelis Dzikir Hasan Ma’shum Jakarta.

Berikut lampiran referensinya:

https://maps.app.goo.gl/RxvnpMUKNAA8CPFL9

4. Anies sebut tak perlu buktikan hal ini

[CEK FAKTA] Rumah Mewah Anies Baswedan Hasil Gratifikasi ReklamasiIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menanggapi isu ini Anies mengatakan dia tak perlu membuktikannya. Dia malah mengatakan bahwa yang perlu membuktikan hal itu adalah pihak yang menuduh.

"Kalau yang disebutkan, saya tidak perlu membuktikan, yang membuktikan yang menuduh," kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (25/5/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini malah mengatakan bahwa awak media bisa menelusuri isu itu dan membuktikan kesahihannya.

"Saya rasa teman-teman media, bisa memanfaatkan ini untuk kesempatan kritis karena kalau ada berita seperti itu Anda kejar, di mana lokasinya, di mana alamatnya, di mana nomornya," ujar dia.

Baca Juga: Cek Harta Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Siapa Terkaya?

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya