[CEK FAKTA] Video Uang Rp900 M di Bungker Rumah Irjen Ferdy Sambo

Ada di Facebook dengan narasi berbeda

Jakarta, IDN Times - Sebuah video tersebar di media sosial dinarasikan sebagai temuan uang Rp900 miliar di bungker rumah mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. Dari video yang tersebar terlihat ada sejumlah koper silver berisi uang yang diduga dolar.

Video tersebut diunggah pemilik akun Twitter, @elditweet, yang membalas unggahan video penelusuran keberadaan bungker oleh jurnalis Aiman Witjaksono melalui akunnya.

Namun, rekaman video tersebut akhirnya dibantah Polri, sebagai informasi palsu alias hoaks. Salah satu akun Twitter @chef_life24 juga turut mematahkan kebenaran informasi tersebut, dengan mengunggah sumber gambar tersebut yang berasal dari luar negeri. 

Hasil penelusuran IDN Times, gambar tumpukan uang dolar dalam koper itu memang bersumber atau pertama kali diunggah di halaman Facebook Global Chemical Laboratory yang diunggah pada 18 Juli 2021.

Baca Juga: Polri Pastikan Isu Temuan Bunker Rp900 M di Rumah Ferdy Sambo Hoaks! 

1. Akun Facebook Global Chemical Laboratory pertama kali unggah video tumpukan uang dolar

Akun Twitter Chef_life24 menyebut kasus Irjen Pol Ferdy Sambo lebih baik dikawal tanpa bumbu-bumbu hoaks. 

“Kasus ini dari awal uda banyak prank-nya, jadi kalo ada kabar begini harus bener2 double cek deh,” tulis akun itu, dikutip Rabu (24/8/2022), yang membalas unggahan akun Aiman Witjaksono dan @elditweet.

Dalam postingan tersebut dituliskan bahwa ada penawaran diduga penukaran uang dengan kualitas baik. Berikut narasinya:

HIGH QUALITY MONEY FOR SALE IN ALL CURRENCIES.
World dealer, best quality, tested bills.
Feel free to contact us. quality is what you seek for and quality is what you will get
Why would you buy from us?
Our banknotes contain the following security features that make it to be genius and we have the best grade counterfeit in the world both Euro and Dollar and any bills of your choice you want.
Inbox for more details
whtsapp +1(213)5456593

2. Rumah berdiri di atas tanah kurang lebih 400 meter persegi

[CEK FAKTA] Video Uang Rp900 M di Bungker Rumah Irjen Ferdy SamboRumah Ferdy Sambo yang beralamat di Jalan Bangka XI A No. 7, Jakarta Selatan, yang diduga terdapat bungker. (Dok. Google Earth)

Sementara, jika dilihat melalui aplikasi Google Earth, rumah Ferdy Sambo yang disebut-sebut terdapat bungker di Jalan Bangka XI A Nomor 7, Jakarta Selatan itu, berdiri di tanah seluas sekitar 404 meter persegi.

Dilihat dari atas, bentuk bangunan rumah tersebut seperti huruf L yang terdiri beberapa bangunan. Tak hanya itu, rumah tersebut juga dilengkapi fasilitas kolam renang dan bangunan seperti gasebo di taman belakangnya.

Kendati, rumah tersebut dikelilingi pagar tembok tinggi disertai kawat berduri di atasnya, sehingga tidak tampak jelas bangunannya dari luar, hanya terlihat atapnya dan pintu gerbang yang tampak mewah.

3. Polri sebut informasi tumpukan uang di rumah Ferdy Sambo hoaks

[CEK FAKTA] Video Uang Rp900 M di Bungker Rumah Irjen Ferdy SamboKadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Polri pun membantah video dengan narasi uang Rp900 miliar di bungker rumah Ferdy Sambo.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan, video tumpukan uang tersebut adalah temuan kasus uang palsu dolar di Atlanta, Amerika Serikat (AS) pada 2021.

“Setelah ditelusuri oleh tim, ternyata video tersebut pernah ditayangkan oleh Global Chemical Laboratory tanggal 18 Juli 2021 terkait temuan uang palsu di Atlanta USA," kata Dedi saat dihubungi, Rabu (24/8/2022).

Dedi mengatakan, tim khusus memang sempat menggeledah beberapa rumah Ferdy Sambo. Penyidik juga menyita beberapa barang bukti. Namun, kata dia, tak ada bungker berisi uang Rp900 miliar yang disita. 

Dia mengatakan dalam penggeledahan tersebut tim khusus didampingi pengacara, ketua RT, pihak keluarga, dan penyidik lainnya.

“Apa saja yang disita itu untuk pembuktian nanti di persidangan. Timsus melakukan penyidikan dengan langkah pro justitia," ujar Dedi.

Baca Juga: Heboh Uang Rp900 M di Bungker, Warga: Rumah Mertua Ferdy Sambo Kosong

4. Kompolnas sebut ada temuan uang di kediaman Ferdy Sambo

[CEK FAKTA] Video Uang Rp900 M di Bungker Rumah Irjen Ferdy SamboInfografis skenario Irjen Pol Ferdy Sambo terhadap pembunuhan berencana Brigadir J. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara, Komisioner Kompolnas Albertus Wahyurudanto membenarkan soal adanya temuan uang di rumah Ferdy Sambo. Namun, ia belum dapat memastikan apakah uang tersebut terkait motif pembunuhan Brigadir J. Ia juga mengaku belum dapat informasi soal nominal uang di rumah yang diklaim dihuni mertua Sambo itu. 

"Memang ada uang di rumah tersebut, tetapi uang milik siapa, dari mana, saya tidak tahu. Begitu juga nominalnya berapa saya gak tahu," ungkap Wahyu kepada IDN Times melalui pesan pendek pada Selasa, 23 Agustus 2022. 

Albertus juga mengaku tidak mengetahui banyak soal informasi temuan uang itu karena Kompolnas tidak ikut ketika timsus melakukan penggeledahan di rumah tersebut. "Makanya, kami akan mendalami lagi informasi tersebut," ujarnya. 

Ia menyebut sudah berupaya untuk mencari informasi lebih detail terkait temuan uang, namun dijawab Kadiv Humas Mabes Polri Irjen (Pol) Dedi Prasetyo belum ada temuan oleh timsus.

"Selain ke Kadiv Humas, kami juga sering meminta klarifikasi ke Irwasum yang memimpin timsus secara langsung," tutur Albertus. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya