Comscore Tracker

Dalami Kasus Video Anji, Polisi Hadirkan Saksi Ahli dari Kemenristek 

Untuk mengetahui perihal obat herbal COVID-19 temuan Hadi

Jakarta, IDN Times - Musisi Anji sudah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait konten video obat COVID-19 di YouTube yang viral di media sosial pada Senin 10 Agustus 2020. Polisi rencananya juga akan meminta keterangan dari pihak Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) sebagai saksi ahli.

Meski demikian, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus tidak secara detail menyebutkan siapa sosok yang akan dihadirkan sebagai saksi dari kasus ini.

"Kalau tidak salah ada dari Menristek di sini, kita panggil ke sini," kata dia di Markas Polda Metro Jaya, Selasa 11 Agustus 2020.

1. Polisi juga akan hadirkan saksi ahli lainnya

Dalami Kasus Video Anji, Polisi Hadirkan Saksi Ahli dari Kemenristek Penyanyi Anji bersama dengan Hadi Pranoto berfoto bersama (Instagram.com/duniamanji)

Selain dari pihak Kemenristek penyidik juga berencana meminta keterangan dari ahli sosial hukum, ahli IT dan ahli yang mengerti ihwal klaim obat herbal Hadi Pranoto yang katanya bisa menyembuhkan COVID-19.

"Kita tunggu saja. Beberapa sudah dilakukan pemeriksaan," ujar Yusri

Baca Juga: Diperiksa Polisi, Anji Ditanya Maksud Pembuatan Video Obat COVID-19

2. Anji dicecar 45 pertanyaan selama 10 jam

Dalami Kasus Video Anji, Polisi Hadirkan Saksi Ahli dari Kemenristek Peneliti Hadi Pranoto menunjukkan ramuan herbal untuk antibodi COVID-19, di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (3/8/2020) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Polisi mencecar Anji dengan 45 pertanyaan, dalam waktu 10 jam periksaan. Dari pemeriksaan, diketahui Anji mengakui kalau akun YouTube duniamanji adalah miliknya, serta menyebutkan lokasi wawancara dengan Hadi Pranoto berlangsung di kawasan Lampung.

"Dia mengakui bahwa memang akun tersebut milik dia dan juga yang bersangkutan mewawancarai inisial HP pada saat itu di daerah Provinsi Lampung, di Pulau Tegal Mas," kata dia

3. Anji klarifikasi beberapa hal yang ditanyakan polisi

Dalami Kasus Video Anji, Polisi Hadirkan Saksi Ahli dari Kemenristek Penyanyi Anji bersama dengan Hadi Pranoto berfoto bersama. Instagram.com/duniamanji

Polisi menjelaskan ada beberapa poin penting yang sudah disampaikan Anji dalam kala itu. Walaupun, polisi tak bisa mengungkapnya lebih detail, tetapi pernyataan yang disampaikan Anji berkaitan dengan obat herbal COVID-19 yang dimaksud Hadi.

"Dia menyampaikan ada poin-poin penting yang tidak bisa disampaikan di sini(pada awak media). Intinya, bahwa dia mengetahui obat tersebut untuk membantu masyarakat ini COVID-19 ini," ujar dia.

Baca Juga: Alasan Anji Buat Konten COVID-19 Karena Tak Percaya Media Indonesia?

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya