Comscore Tracker

Dianggap Tutupi Hasil Tes COVID-19 Rizieq Shihab, Ini Jawaban RS UMMI

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada Satgas Covid." 

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama RS UMMI Andi Tatat mengatakan pihaknya tidak bermaksud menutup-nutupi penanganan dan hasil tes COVID-19 pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

"Kami akui memang kelemahan dari internal kami dalam melakukan komunikasi dan koordinasi internal, sehingga kesannya menghalang-halangi," kata dia dalam keterangan pers di Balai Kota Bogor, Minggu (29/11/2020).

1. Tes COVID-19 Rizieq seharusnya disaksikan Satgas Covid Bogor

Dianggap Tutupi Hasil Tes COVID-19 Rizieq Shihab, Ini Jawaban RS UMMIIlustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Andi mengatakan tes usap PCR yang dilakukan oleh tim dokter pribadi Rizieq pada Jumat 27 November 2020 seharusnya disaksikan tim Satuan Tugas Covid-19 kota Bogor. Namun saat tes usap dilakukan tidak disaksikan petugas dari Satgas COVID-19.

"Untuk itu kami menyampaikan permohonan maaf kepada Satgas Covid Kota Bogor dan Insyaallah ke depannya kami siap bersinergi dalam penanggulangan COVID-19 di kota Bogor," katanya.

Baca Juga: Ini Daftar 7 Pejabat yang Dicopot karena Kerumunan Acara Rizieq Shihab

2. RS UMMI belum tahu soal tempat tes Rizieq

Dianggap Tutupi Hasil Tes COVID-19 Rizieq Shihab, Ini Jawaban RS UMMIRizieq Shihab (tengah) menyapa ribuan jamaah di jalur Puncak, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Andi membantah isu yang menyebut pihaknya tidak memberikan laporan lengkap terkait tempat uji spesimen tes usap Rizieq. Ia mengklaim RS UMMI hingga saat ini belum mengetahui hal itu.

"Dan sampai saat ini kami masih mengusahakan kepada pihak Mer-C, tapi sampai saat ini kami juga belum bisa mendapatkan hasil," kata dia.

3. Membantah isu Rizieq kabur dari RS UMMI

Dianggap Tutupi Hasil Tes COVID-19 Rizieq Shihab, Ini Jawaban RS UMMIGedung Rumah Sakit UMMI Bogor, Jawa Barat (Dok. Rumah Sakit UMMI Bogor)

Dalam kesempatan ini dia juga buka suara terkait kepulangan Rizieq Shihab dari RS UMMI. Ia membantah isu yang menyebutkan Rizieq Shihab kabur dari rumah sakit.

"Karena sempat beredar Habib (Rizieq) kabur dan sebagainya, bahwa hal itu tidak benar," kata dia.

Andi mengatakan Rizieq pulang atas permintaan keluarga meskipun sudah disarankan untuk menunggu hasil tes. "Tapi beliau tetap meminta untuk pulang," kata dia.

Baca Juga: Polisi Selidiki Dugaan Rizieq Keluar dari Pintu Belakang RS Ummi Bogor

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya