Diperingati Besok, Ini Tema International Women's Day 2023

IWD khas dengan warna ungu

Jakarta, IDN  Times - Tiap 8 Maret diperingati sebagai International Women's Day (IWD) atau Hari Perempuan Internasional. Tahun ini tema yang diambil adalah #EmbraceEquity atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Merangkul Kesetaraan.

Melansir dari situs resmi IWD, tujuan dari tema kampanye IWD 2023 adalah kesempatan untuk setara tidak pernah cukup.

"Setiap orang memulai dari tempat yang berbeda, jadi inklusi dan rasa memiliki yang sebenarnya butuh tindakan yang adil juga," seperti dilansir dari situs IWD, Selasa (7/3/2023).

Baca Juga: Perempuan Dibakar Hidup-hidup di Sorong, Komnas Perempuan: Femisida!

1. Bisa tantang stereotip gender

Diperingati Besok, Ini Tema International Women's Day 2023GERAK Perempuan lakukan aksi di Monas untuk memeringati hari International Women’s Day, di halaman Monas, Minggu (8/3) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Semua orang seharusnya disebut bisa menantang stereotip gender, diskriminasi, menarik bias, dan mencari inklusi. IWD 2023 mengupayakan agar aktivisme kolektif dapat mendorong perubahan.

"Dari aksi akar rumput hingga momentum berskala luas, kita semua dapat merangkul kesetaraan," dilansir di situs IWD 2023.

2. IWD khas dengan warna ungu

Diperingati Besok, Ini Tema International Women's Day 2023GERAK Perempuan lakukan aksi di Monas untuk memeringati hari International Women’s Day, di halaman Monas, Minggu (8/3) (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

IWD atau Hari Perempuan Internasional memiliki warna khasnya sendiri yakni ungu, hijau dan putih. Ungu menandakan keadilan dan martabat, dan setia pada penyebabnya.

Sementara, hijau melambangkan harapan. Putih mewakili kemurnian, meskipun konsepnya kontroversial. Warna tersebut berasal dari Women's Social and Political Union (WSPU) di Inggris pada 1908.

Baca Juga: Pemeran Perempuan Video Syur Ketua DPRD PPU Ngadu ke Komnas Perempuan

3. Tema IWD dari UN Women

Diperingati Besok, Ini Tema International Women's Day 2023Ilustrasi perempuan muda (IDN Times/Arief Rahmat)

Sedangkan, United Nations (UN) khususnya UN Women, pada 2023 mengambil tema IWD 2023 dengan tajuk “DigitALL: Inovasi dan Teknologi untuk Kesetaraan Gender.”

Melansir dari situs UN Women, tema ini selaras dengan tema prioritas sesi ke-67 Komisi Status Perempuan (CSW-67) mendatang, “Inovasi dan perubahan teknologi, dan pendidikan di era digital untuk mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan semua perempuan dan anak perempuan".

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya