Disdik DKI Jakarta Hentikan Sementara Pengajuan Akun PPDB 2021 

Optimasi situs PPDB DKI berlangsung hingga pukul 12.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 di DKI Jakarta dimulai hari ini, Senin (7/6/2021). Ada sejumlah kendala yang dialami dalam hari pertama pelaksanaannya.

Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah mengatakan bahwa pengajuan akun akan dihentikan sementara pada hari ini, Selasa (8/6/2021) karena ada proses optimalisasi.

"Sehubungan dengan optimalisasi Sistem PPDB Online, Pengajuan Akun akan dihentikan sementara mulai hari Selasa dari Pukul 01.30 S/D 12.00 WIB," kata dia dalam keterangannya.

1. Pendaftaran diperpanjang, usai optimasi calon peserta didik baru bisa ajukan akun

Disdik DKI Jakarta Hentikan Sementara Pengajuan Akun PPDB 2021 Suasana PPDB 2020 di Lebak di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Nantinya usai proses optimasi situs PPDB DKI berlangsung, calon peserta didik baru (CPBD) bisa kembali mengajukan akun.

Taga menjelaskan bahwa waktu pendaftaran akan diperpanjang sampai dengan hari Jumat 11 Juni 2021 pukul 14.00 WIB. Sebelumnya, waktu pendaftaran sempat ditambah hingga 10 Juni 2021, namun akhirnya kembali diperpanjang.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terima Kasih," kata dia.

 

Baca Juga: Tuai Keluhan, Pendaftaran PPDB Jakarta Disetop Sementara

2. Tak pertimbangankan server yang dibuka pagi hari bakal padat

Disdik DKI Jakarta Hentikan Sementara Pengajuan Akun PPDB 2021 (Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Sebelumnya, Taga dalam sebuah diskusi daring menjelaskan bahwa ada hal yang tak terduga dari sistem server situs PPDB, ada masalah per sekian detik yang membuat traffic menjadi terganggu.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa Disdik memprediksi bandwidth dari Telkom cukup, namun karena server dibuka di pagi hari jadi situs langsung padat.

"Ternyata kita prediksi mestinya tengah malam itu kita udah buka server, tapi karena kita perimbangan pagi ini sudah mulai jam 8 kita gak pertimbangkan traffic yang sangat padat," kata dia.

3. Riza sebut tak ada masalah di PPDB hari pertama

Disdik DKI Jakarta Hentikan Sementara Pengajuan Akun PPDB 2021 Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengungkapkan bahwa tak ada masalah signifikan dalam pelaksanaan PPDB 2021 selain masalah teknis dan ada hal-hal yang berbeda karena belum terbiasa.

"Enggak ada masalah. Kalau kita belajar dari tahun lalu memang sempat di awal ada sedikit perbedaan karena ada tidak biasa tapi akhirnya hasilnya baik. Semua kebijakan yang kita ambil untuk kebaikan warga," kata dia di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (7/6/2021) malam.

Baca Juga: Banyak Keluhan PPDB Online, Disdik DKI Pertimbangkan Pembagian Waktu 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya