Comscore Tracker

Disergap COVID-19, Kualitas Udara di Indonesia Barat Jadi Lebih Bersih

Udara di barat Indonesia lebih bersih dibandingkan pada 2019

Jakarta, IDN Times - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mempublikasikan perbandingan kondisi kualitas udara di wilayah Indonesia bagian barat. Menurut pantauan LAPAN, wilayah Indonesia bagian barat seperti Sumatera, Kalimantan, dan Pulau Jawa terlihat lebih bersih pada 2020 jika dibandingkan dengan di tahun lalu.

1. Perubahan ini adalah akibat dari pandemi virus corona

Disergap COVID-19, Kualitas Udara di Indonesia Barat Jadi Lebih BersihGambaran Kualitas udara Indonesia selama 2020 dan 2019 (Instagram/@Lapan_ri)

Dilansir melalui akun Instagram resmi LAPAN perubahan kualitas udara (partikulat PM10) di Wilayah Indonesia Barat tersebut terjadi saat masa virus corona atau COVID-19 mewabah.

"Pada bulan Maret 2020 ini, kualitas udara jauh lebih bersih dibanding bulan yang sama tahun 2019 dan tahun tahun sebelumnya," tulis LAPAN melalui akun Instagram-nya, Minggu (29/3).

Baca Juga: Satelit NASA: Polusi Tiongkok Turun Drastis Pasca Infeksi Virus Corona

2. Hal serupa juga terjadi di Tiongkok dan Eropa

Disergap COVID-19, Kualitas Udara di Indonesia Barat Jadi Lebih Bersihtellwut.com

Perubahan kualitas udara yang terjadi selama masa-masa COVID-19 merebak menurut LAPAN hampir mirip dengan keadaan di negara lain. Tiongkok dan Eropa juga mengalami perubahan kualitas udara yang sama saat virus corona mewabah di sana.

3. Kualitas udara di Jakarta selama pandemik corona

Disergap COVID-19, Kualitas Udara di Indonesia Barat Jadi Lebih BersihIlustrasi (IDN Times/Anata)

Namun nampaknya perubahan kualitas udara tidak secara signifikan terjadi di Jakarta. Berdasarkan data terakhir dari laman Air Visual, kualitas udara Jakarta berada di level sedang. Kadar air quality index (AQI) berada di angka 96 dengan polutan utama berjenis PM2.5.

Baca Juga: Imbas Virus Corona: Polusi Udara Menurun Drastis di Sejumlah Negara

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya