DKI Krisis Lahan Pemakaman, DPRD Siap Dukung Anggaran Perluasan TPU

Lahan pemakaman COVID-19 di DKI hampir terisi 100 persen

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh memaparkan bahwa kondisi ketersediaan lahan pemakaman COVID-19 di ibu kota perlu diperhatikan. Data dari Dinas Pertamanan dan Kehutanan DKI Jakarta, ada total 82 TPU di ibu kota yang dikelola Pemprov DKI Jakarta. Tingkat keterisian 68 TPU di antaranya sudah di atas 95 persen bahkan hampir 100 persen.

Nova menilai upaya solutif perlu dilakukan mengingat lonjakan kasus kematian selaras dengan peningkatan jumlah kasus aktif positif COVID19 sejak Juni 2021 lalu.

“Sekarang kita lihat tingkat rasio per hari lahan tidak mencukupi, berarti kan kita harus mencari jalan keluar. Apalagi kemarin sempat melonjak yang meninggal sampai ratusan,” ujarnya, Senin (19/7/2021).

1. Komisi D dukung anggaran jika diperlukan untuk perluasan lahan

DKI Krisis Lahan Pemakaman, DPRD Siap Dukung Anggaran Perluasan TPUIlustrasi proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 (IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati)

Nova menyatakan Komisi D akan mendukung terkait anggaran jika diperlukan untuk perluasan lahan pemakaman, dengan tujuan tidak ada lagi warga yang kesulitan atau antre pada proses penguburan jenazah.

“Tetap kita melihat kondisi keuangan daerah ya, kita dorong kok anggarannya. Tapi kalau memang masih kurang bisa gunakan BTT (Biaya Tak Terduga), nanti bisa dilakukan pembahasan,” ucapnya.

Baca Juga: Anies Ceritakan Kisah Haru Perempuan Berkerudung Merah di Pemakaman

2. Semua lini diminta bahu membahu atasi COVID-19

DKI Krisis Lahan Pemakaman, DPRD Siap Dukung Anggaran Perluasan TPUIlustrasi proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 di TPU. IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati

Berdasarkan data Pemprov DKI angka kematian tertinggi akibat COVID-19 di Ibu Kota pernah mencapai 196 jiwa pada Jumat (9/7/2021) dan 181 jiwa pada Rabu (7/7/2021) lalu.

Nova juga mengimbau agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan seluruh Dinas saling berkolaborasi secara maksimal dalam menanggulangi penyebaran COVID-19.

“Saya juga meminta semua lini, semua Dinas bekerja sama saling bahu-membahu dalam penanganan pandemik ini,” kata dia.

3. TPU di Jakarta luasnya 1 persen dari total wilayah Ibu kota

DKI Krisis Lahan Pemakaman, DPRD Siap Dukung Anggaran Perluasan TPUGubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau kesiapan Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus jenazah yang terpapar COVID-19 di Rorotan, Jakarta Utara, pada Rabu (23/6/2021). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Total luas lahan seluruh TPU itu sekitar 6.070.955 meter persegi atau 1 persen dari luas wilayah Jakarta yang mencapai 662 kilometer persegi.

Dari tingkat keterisian 82 TPU itu saat ini, menurut Nova hanya dimungkinkan untuk melayani model pemakaman tumpang.

Baca Juga: Sehari Bisa 30 Jenazah Dimakamkan, 2 TPU di Bekasi Nyaris Penuh 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya