Geger Prank Meninggal Hidup Lagi di Bogor, Ini Aksi Pura-Pura Lainnya!

Banyak aksi prank yang dilakukan untuk hindari utang

Jakarta, IDN Times - Seorang pria di Bogor berinisial US (41) disebut meninggal, tetapi hidup kembali belum lama ini. Belakangan diketahui, ternyata dia berpura-pura dan memesan sendiri ambulans serta peti jenazah bersama sang istri. Selain itu, santer disebut US melakukan aksinya ini karena terlilit utang.

"Sedang kami konfirmasi terkait utang atau yang menagih utang tersebut. Ini kami baru mendapatkan informasi dari saksi yang mengantarkan jenazah tersebut bahwa di perjalanan istrinya yang bersangkutan berkeluh kesah terkait dengan banyaknya yang menagih utang," kata Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin, Kamis (17/11/2022).

Kejadian pura-pura mati karena terlilit utang dan berbagai alasan lainnya bukan kali pertama terjadi di Indonesia. Beberapa kejadian menghindari jeratan tagihan utang, seperti pura-pura dibegal dan diculik juga pernah terjadi. Berikut adalah rangkumannya!

Baca Juga: Bikin Keonaran, Yana 'Cadas Pangeran' Bisa Dipenjara hingga 3 Tahun

1. Yana prank se-Indonesia, disebut hilang di Cadas Pangeran

Geger Prank Meninggal Hidup Lagi di Bogor, Ini Aksi Pura-Pura Lainnya!Yana pemuda hilang di cadas pangeran (Twitter/@bdngfess)

Pada November 2021, seorang warga Desa Sukajaya, Sumedang Selatan, Yana Supriatna (40 tahun) hilang secara misterius. Motornya bernomor polisi Z 2333 AB terparkir di pinggir Jalan Cadas Pangeran, Sumedang. Yana resmi dinyatakan hilang setelah keluarganya membuat laporan ke kepolisian setempat.

Yana diketahui sempat mengirimkan pesan kepada istrinya sebelum dinyatakan hilang. Pesan itu dikirim menggunakan suara melalui aplikasi WhatsApp. Sempat diduga dijahati orang bahkan dibawa makhluk astral, Yana berhasil nge-prank seluruh warganet Indonesia dengan kisahnya yang bikin geregetan.

Akhirnya, polisi menemukan Yana di Cirebon pada 18 November 2021 dalam keadaan sehat di rumah istri mudanya. Dia mengaku naik motor ke Cirebon. 

Motif Yana melakukan upaya pembohongan hingga terjadi keonaran di tengah masyarakat adalah menghindari permasalahan di tempat kerja dan keluarga. Dia bahkan terancam pidana karena merekayasa cerita.

Baca Juga: Aksi Pria Pura-Pura Meninggal di Bogor Diduga Hindari Ditagih Utang

2. Ineu ngaku dibegal Rp1,3 miliar, padahal pura-pura

Geger Prank Meninggal Hidup Lagi di Bogor, Ini Aksi Pura-Pura Lainnya!Ilustrasi tersangka (IDN Times/Bagus F)

Seorang perempuan yakni Ineu Siti Nurjanah (31) asal Garut juga ditetapkan jadi tersangka usai mengaku sebagai korban begal Rp1,3 miliar pada Oktober 2021.

Dia sempat menangis dan histeris hingga dibawa ke puskesmas. Namun Ineu rupanya hanya berbohong.

Seorang pria berinisial MM (39) juga ditetapkan jadi tersangka karena bertugas mengamankan uang dan motor Ineu. Setelah diperiksa, ternyata keduanya memberikan keterangan palsu dan rekayasa agar terhindar dari lilitan utang.

Baca Juga: Erdina Sengaja Potong Jari, Gara-gara Punya Utang Rp70 Juta

3. Terlilit utang, Erdina potong jari tangannya dan sebut dirampok

Geger Prank Meninggal Hidup Lagi di Bogor, Ini Aksi Pura-Pura Lainnya!Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin saat menginterogasi Erdina (batik coklat), tersangka laporan palsu yang memotong jarinya sendiri karena terlilit utang (Istimewa)

Sedangkan di Medan, Sumatra Utara, Erdina Sihombing, terdakwa yang memotong jari tangannya dan berpura-pura jadi korban begal pada bulan Mei 2020, dituntut jaksa dengan pidana 9 bulan penjara di Ruang Cakra II, Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (16/11/2020).

Hal itu dilakukan Erdina agar masyarakat percaya dia dirampok dan dibegal. Anak terdakwa yang bernama Nico Johan Saputra Manurung pun lalu membuat laporan perihal yang dialami oleh terdakwa ke kantor kepolisian Polrestabes Medan.

4. Dalam keadaan terikat dan tergeletak di jalan, Jajang ngaku dibegal

Geger Prank Meninggal Hidup Lagi di Bogor, Ini Aksi Pura-Pura Lainnya!Ilustrasi curanmor (IDN Times/Mardya Shakti)

Video viral juga menunjukkan adanya seorang pria dalam keadaan terikat dan tergeletak di pinggir jalan Padaluyu, Cugenang, Cianjur, Jawa Barat. Kejadian itu terekam dan tersebar di media sosial.

Jajang Sudrajat, nama pria itu akhirnya diperiksa dan terungkap bahwa dia hanya berpura-pura karena uang. 

Pada Februari 2021 dia mengaku jadi korban begal dan uangnya sebesar Rp50 juta dibawa kabur. 

Baca Juga: Ibu Hamil Dibegal di Bekasi Saat Hendak Kerja, Diancam Pakai Celurit

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya