Gelaran KTT G20 di Bali, Kemenkumham Layani 12 Ribu Delegasi Sedunia

Persiapan dilakukan di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Jakarta, IDN Times - Persiapan dilakukan Indonesia dalam menyambut perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang bakal berlangsung pada 15 November hingga 17 November 2022 mendatang. Persiapan ini dilakukan khususnya di Bandara I Gusti Ngurah Rai sebagai pintu masuk delegasi G20.

"Saat ini, imigrasi telah mempersiapkan dalam menyambut kedatangan para delegasi termasuk mempersiapkan sign board untuk memudahkan alur kedatangan para delegasi saat tiba di Bandara Ngurah Rai", ucap Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu dalam keterangannya, dilansir Sabtu.

Anggiat menjelaskan pelaksanaan G20 adalah legacy dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo, dengan demikian diharapkan seluruh jajaran khususnya Imigrasi Ngurah Rai dapat mempersiapkan diri untuk menyambut para delegasi KTT G20.

Baca Juga: Menlu Retno Angkat Bicara soal Kehadiran Pemimpin G20 di Bali

1. Jumlah delegasi yang hadir sebanyak 12.750 orang

Gelaran KTT G20 di Bali, Kemenkumham Layani 12 Ribu Delegasi SeduniaPeserta delegasi negara G20 berbincang-bincang sebelum memulai rapat pertemuan Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 di Yogyakarta, Kamis (19/5/2022). Pertemuan DEWG Presidensi G20 hari ketiga mengangkat tema "Workshop on the G20 Toolkit Measuring Digital Skills and Digital Literacy". ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Direktorat Jenderal Imigrasi melalui Kantor Imigrasi Ngurah Rai juga telah menambahkan sarana prasarana berupa perangkat konter dan mobile unit. Bukan hanya itu, Anngiat menjelaskan pihaknya telah menugaskan 177 pegawai tambahan untuk membantu di sisi keimigrasian.

Anggiat menuturkan hingga saat ini, jumlah delegasi yang akan hadir sebanyak 12.750 orang. Dia pun mengingatkan jajaran Imigrasi agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada delegasi G20.

"Namun perlu diingat dalam memberikan pelayanan tidak mengesampingkan kualitas pelayanan terhadap wisatawan reguler," kata dia.

Baca Juga: Imigrasi Siapkan Petunjuk Teknis Masa Berlaku Paspor Jadi 10 Tahun

2. Bagi konter VVIP, VIP dan reguler

Gelaran KTT G20 di Bali, Kemenkumham Layani 12 Ribu Delegasi SeduniaIlustrasi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Kantor Imigrasi Ngurah Rai saat ini telah membenahi kenyamanan kedatangan para delegasi G20. Kantor Imigrasi Ngurah Rai juga membagi konter VVIP, VIP dan reguler dengan pemanfaatan mobile unit.

Guna mempercepat pelayanan kepada delegasi G20, mobile unit mendatangi para tamu VVIP dan VIP saat tiba di Bandara Ngurah Rai untuk melakukan pengecekan dokumen keimigrasian.

Baca Juga: Masyarakat Bali Dilarang Menaikkan Layang-layang selama G20

3. Siapkan konter khusus sebanyak 10 mobile unit

Gelaran KTT G20 di Bali, Kemenkumham Layani 12 Ribu Delegasi SeduniaUpacara pembukaan G20 Indonesia (g20.org)

Anggiat juga menyebutkan, imigrasi sudah persiapkan tiga konter khusus untuk kedatangan para delegasi G20 dan 13 konter untuk melayani para wisatawan asing, yang diisi oleh empat petugas untuk masing-masing konter.

"Kami juga menyiapkan konter khusus sebanyak 10 mobile unit yang akan melayani langsung para tamu VVIP dan VIP, seperti kepala negara, kepala pemerintahan, maupun menteri", katanya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya