Menlu Retno Angkat Bicara soal Kehadiran Pemimpin G20 di Bali

Tak ada respons negatif dari semua negara

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi angkat bicara soal konfirmasi kedatangan para pemimpin negara anggota G20.

KTT G20 akan digelar pada 15-16 November 2022 di Nusa Dua, Bali. Indonesia sebagai presidensi G20 terus berupaya berkomunikasi dengan semua pihak demi melancarkan agenda tersebut.

1. Tidak ada respons negatif dari semua negara

Menlu Retno Angkat Bicara soal Kehadiran Pemimpin G20 di BaliMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Meski tak membeberkan siapa saja yang pasti hadir, Menlu Retno mengungkapkan bahwa tidak ada respons negatif dari semua negara anggota G20 dan negara undangan.

"Sejauh ini kita tidak menerima respons negatif. Kita tidak menerima respon negatif dari semua negara anggota G20 sejauh ini mengenai kehadiran Leaders-nya," kata Menlu Retno, di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis (13/10/2022).

Koordinasi dengan perwakilan negara G20 dan juga negara-negara undangan terus dilakukan untuk mempersiapkan partisipasi para pemimpin.

"Jadi Perwakilan mereka yang ada di Indonesia terus mempersiapkan ground working-nya untuk kehadiran para Leaders-nya," ucap Menlu Retno lagi.

Baca Juga: 4 Bandara yang Jadi Tempat Parkir Pesawat Kepala Negara buat KTT G20

2. Persiapan logistik tinggal beberapa persen lagi

Menlu Retno Angkat Bicara soal Kehadiran Pemimpin G20 di BaliUpacara pembukaan G20 Indonesia (g20.org)

Menlu Retno mengatakan bahwa persiapan logistik G20 berjalan dengan baik dan tinggal beberapa persen lagi yang harus diselesaikan.

"Persiapan akan terus kita matangkan hingga hari-H sehingga kita benar- benar siap menggelar perhelatan besar ini," tegas dia.

3. Komunikasi intensif Indonesia dengan negara anggota

Menlu Retno Angkat Bicara soal Kehadiran Pemimpin G20 di Bali(g20.org/media)

Selain itu, Menlu Retno mengaku bahwa komunikasi antara Indonesia dengan negara-negara anggota G20 terus dilakukan demi memastikan kelancaran dan kehadiran para pemimpinnya.

"Minggu ini, saya kembali lakukan komunikasi satu per satu dengan mereka, antara lain dengan Menteri Luar Negeri Prancis, Menteri Luar Negeri Inggris, Menteri Luar Negeri Jerman, Menteri Perdagangan Kanada," ujar Menlu Retno lagi.

"Dan semalam, melalui Dubes kita di Beijing saya juga sampaikan beberapa pesan. Sampai hari H nanti, komunikasi akan terus kita lakukan," pungkasnya.

Baca Juga: Menlu Retno Pastikan Semua Menlu G20 Hadir di Bali 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya