Comscore Tracker

Gempa 5,9 SR Guncang Enggano, Warga Diminta Jauhi Bangunan yang Retak

Tidak berpotensi memicu tsunami

Jakarta, IDN Times - Gempa dengan kekuatan 5,9 skala richter (SR) menggoyang wilayah Enggano, Maluku, pada Selasa (15/10) pukul 05:23 WIB. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa berada di 158 km Barat Laut Enggano, Maluku dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa diprediksi tidak berpotensi memicu tsunami.

BMKG menyebutkan getaran gempa terasa hingga ke daerah Bengkulu dan Seluma III-IV MMI, serta Kepahiang III MMI. Getaran terasa seperti ada truk yang sedang lewat.

Hasil pemantauan BMKG hingga pukul 06:15 WIB menunjukkan adanya dua aktivitas gempa susulan (aftershock) dengan kekuatan 4,8 skalarichter. Namun hingga kini belum ada laporan kerusakan yang timbul akibat gempa.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono melalui laman Twitter BMKG, Selasa (15/10).

Baca Juga: [BREAKING] BMKG: Gempa Bumi 5,0 SR di Jateng Tidak Berpotensi Tsunami

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You