H+1 Lebaran, Contraflow Arus Mudik di Tol Japek Diterapkan 2 Ruas

Arus mudik di tol Trans Jawa masih tinggi

Jakarta, IDN Times - Kepadatan arus mudik masih terjadi pada H+1 Lebaran 2022. Polisi menambah jalur contraflow menjadi dua ruas di jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Selasa (3/5/2022) siang.

“Saat ini sedang dilakukan penambahan perambuan menjadi dua lajur CF (contraflow),” kata Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi dalam keterangannya, Selasa.

Baca Juga: Urai Kepadatan, Petugas Terapkan Contraflow di Tol Japek Arah Jakarta

1. Sudah diberlakukan sejak selasa pagi

H+1 Lebaran, Contraflow Arus Mudik di Tol Japek Diterapkan 2 RuasKepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi saat menjaat sebagai Dirlantas Polda Kaltim (tengah) (IDN Times/Surya Aditya)

Rekayasa lalu lintas skema contraflow kembali diterapkan di Tol Jakarta-Cikampek, pada pagi hari ini, mulai dari kilometer 47 hingga 70.

Kombes Pol Eddy Djunaedi mengungkapkan, skema tersebut telah diberlakukan sejak pukul 07.50 WIB. 

“CB (Cara Bertindak) CF (contraflow) dibuka kembali dari KM 47 sampai dengan KM 70,” ujar Eddy.

2. Contraflow dilakukan karena tingginya volume kendaraan ke Cikampek

H+1 Lebaran, Contraflow Arus Mudik di Tol Japek Diterapkan 2 RuasContraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Dok. Korlantas Polri)

Diketahui, PT Jasa Marga atas diskresi kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow di tol Jakarta-Cikampek yang mengarah ke Cikampek.

Rekayasa lalu lintas diberlakukan untuk mengantisipasi kemacetan imbas masih tingginya volume kendaraan yang mengarah ke Cikampek.

Baca Juga: Polisi akan Tutup MBZ dan Terapkan Contraflow di Tol Japek Macet

3. Contraflow juga diterapkan di Tol Jagorawi arah Ciawi

H+1 Lebaran, Contraflow Arus Mudik di Tol Japek Diterapkan 2 RuasSejumlah kendaraan memadati ruas jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (20/5/2021). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Bukan hanya di Tol Japek, rekayasa lalu lintas contraflow juga diterapkan di ruas Tol Jagorawi arah Ciawi atas diskresi kepolisian. Contraflow juga dilakukan untuk mengurai kemacetan yang terjadi ke arah Puncak, Bogor pada hari kedua Lebaran ini.

“Contraflow di ruas Tol Jagorawi arah Ciawi sebagai langkah antisipasi kepadatan lalu lintas menuju Puncak yang terjadi pada hari ini,” tulis Jasa Marga.

Pemberlakuan contraflow dimulai hari ini sejak pukul 06.57 WIB. Contraflow diberlakukan di kilometer 44 sampai 46, khusus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi atau Sukabumi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya