Hardiknas 2023, Nadiem Minta Masyarakat Terus Wujudkan Merdeka Belajar

Tema tahun ini "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar"

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan, kurikulum Merdeka Belajar menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakteristik dan kompetensi. Bahkan, seleksi masuk perguruan tinggi negeri sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

“Adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka,” kata Nadiem, dilansir chanel Youtube Kemendikbud RI, Selasa (2/5/2023).

Hal itu disampaikan Nadiem saat upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 yang jatuh pada hari ini. Hardiknas tahun ini mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Baca Juga: Peringatan Hardiknas, Gubernur Khofifah: Momentum Pemulihan Pendidikan

1. Program beasiswa diperluas untuk membuka seluas-luasnya kesempatan kuliah

Hardiknas 2023, Nadiem Minta Masyarakat Terus Wujudkan Merdeka BelajarSejumlah siswa SMAN saat pulang sekolah usai mengikuti PTM terbatas. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Nadiem juga mengatakan, dengan adanya perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jadi jauh lebih terbuka.

“Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi. Dana Indonesiana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya, sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan,” katanya.

2. Teruskan perwujudan Merdeka Belajar di Indonesia

Hardiknas 2023, Nadiem Minta Masyarakat Terus Wujudkan Merdeka BelajarIlustrasi PTM (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Dia mengajak merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil. Serta meneruskan perwujudan Merdeka Belajar di dunia pendidikan Indonesia.

“Marilah kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” katanya.

Baca Juga: Nadiem Sebut Hardiknas Momen Bercemin, Apa Saja Program Pendidikan?

3. Enam PNS Kemendikbudristek dapat penghargaan

Hardiknas 2023, Nadiem Minta Masyarakat Terus Wujudkan Merdeka BelajarMenteri Pendidikan Kebudayaan, Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023. (Youtube/Kemendikbud RI)

Pada peringatan Hardiknas kali ini, Nadiem memberikan secara simbolis Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada enam orang yang mewakili 5.685 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kemendikbudristek.

Penghargaan tersebut diberikan kepada pegawai atas pengabdiannya dalam melaksanakan tugas dengan menunjukkan kesetiaan, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, serta telah bekerja terus-menerus dalam jangka waktu selama 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya