Hindari Kemacetan, Ini Alternatif Transportasi Umum ke PRJ

Kadishub DKI imbau masyarakat bisa naik kendaraan umum

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengakui lalu lintas menuju Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, mengalami kepadatan. Hal itu lantaran masyarakat yang hendak ke PRJ rata-rata datang menggunakan kendaraan pribadi. 

"Untuk PRJ kan kemarin pada saat terjadi kemacetan memang di tanggal berapa ya itu, Selasa sore. Itu kami pantau begitu masifnya masyarakat dengan kendaraan pribadi," kata dia kepada wartawan di Jakarta Pusat, Kamis (29/6/2023).

Maka dari itu, Syafrin mengimbau agar masyarakat bisa datang ke PRJ menggunakan kendaraan pribadi demi mengantisipasi kemacetan atau kepadatan lalu lintas.

"Tentu kami mengimbau kepada masyarakat agar ke PRJ itu tetap menggunakan angkutan umum. Bisa dengan KRL, nanti turun di Kemayoran," kata dia.

1. Imbau masyarakat naik kendaraan umum

Hindari Kemacetan, Ini Alternatif Transportasi Umum ke PRJSuasana Pekan Raya Jakarta 2022 (IDN Times/Aryodamar)

Syafrin juga mengimbau masyarakat bisa menggunakan transportasi umum yakni dengan TransJakarta, ada sejumlah rute yang disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk melayani masyarakat yang akan mengarah ke Kemayoran khususnya ke PRJ.

" Di antaranya salah satunya ada rute yang dari Balaikota ke Kota, sekarang diarahkan ke PRJ dahulu, dan sebaliknya," ujarnya.

Baca Juga: Lalu Lintas PRJ Padat, Dishub DKI Imbau Warga Naik Transportasi Umum

2. Cara ke PRJ naik TransJakarta

Hindari Kemacetan, Ini Alternatif Transportasi Umum ke PRJIlustrasi bus Transjakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Berikut adalah beberapa transportasi alternatif yang bisa digunakan masyarakat menuju ke PRJ untuk menghindari macet. Melansir dari keterangan resmi, TransJakarta menyediakan empat rute menuju ke PRJ .

Adapun rute-rute yang akan dioperasikan antara lain adalah rute 2C (Balaikota- JIExpo), rute PRJ1 (PGC 1 – JIExpo Kemayoran), rute PRJ2 (Matraman Baru – JIExpo Kemayoran), dan rute PRJ3 (Pulo Gadung 1- JIExpo Kemayoran).

Rute PRJ akan melayani pelanggan selama kegiatan ini berlangsung yaitu mulai tanggal 14 Juni 2023-16 Juli 2023. Dengan waktu operasi yaitu Senin- Jumat mulai pukul 15.00 WIB -23.00 WIB dan Sabtu-Minggu mulai pukul 09.00 WIB-24.00 WIB.

 

3. Cara ke PRJ naik KRL

Hindari Kemacetan, Ini Alternatif Transportasi Umum ke PRJIlustrasi Commuterline/KRL (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Selain saat menggunakan KRL, jika memang berangkat dari Bogor, Tanggerang, Tanggerang Selatan dan Jakarta bisa melakukan perpindahan jalur dengan transit di Stasiun Tanah Abang. 

Kemudian naik ke tujuan Bekasi dan turun di Stasiun Rajawali, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berkendara taxi online atau ojek online.

Hal ini bisa menghemat biaya seperti meminimalisir penggunaan bensin dan tol, perjalanan juga tidak memakan waktu lama diakibatkan macet.

Baca Juga: Polisi Imbau Warga Tak Gunakan Perhiasan Mencolok saat ke PRJ 2023

4. Cara beli tiket PRJ online, supaya tidak antre

Hindari Kemacetan, Ini Alternatif Transportasi Umum ke PRJPekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2023. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Selain itu, guna meminimalisir waktu, masyarakat bisa membeli tiket PRJ secara online sebelum datang jadi tidak perlu mengantre membeli tiket secara langsung di tempat.

  • Berikut adalah langkah-langkah membeli tiket PRJ secara online
  • Buka situs www.jakartafair.com
  • Klik menu ‘Beli Tiket’
  • Klik tanggal dan jenis tiket yang diinginkan
  • Klik ‘Buy Ticket’
  • Masukkan jumlah tiket yang hendak dibeli
  • Klik ‘Pesan Sekarang’
  • Isi informasi personal mulai dari nama, email, nomer telepon, nomor kartu indentitas, dan tanggal lahir (cantumkan email aktif)
  • Klik ‘Selanjutnya’
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan
  • klik ‘Selanjutnya’
  • Selesaikan pembayaran
  • E-tiket akan dikirim via email aktif yang sudah diisi sebelumnya
  • Simpan e-tiket dan bukti pembelian untuk menukar e-tiket dengan tiket fisik di lokasi PRJ

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya