Lalu Lintas PRJ Padat, Dishub DKI Imbau Warga Naik Transportasi Umum

Sebut sudah ada shuttle bus disediakan

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Syafrin Liputo mengimbau agar masyarakat bisa menggunakan transportasi umum saat datang ke Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Hal ini kata dia, untuk mengatasi kepadatan kendaraan yang begitu masif menuju ke arah JIExpo.

"Tentu kami mengimbau kepada masyarakat agar ke PRJ itu tetap menggunakan angkutan umum. Bisa dengan KRL, nanti turun di Kemayoran," kata dia kepada wartawan di Jakarta Pusat, Kamis (29/6/2023).

 

1. Ada shuttle bus disiapkan

Lalu Lintas PRJ Padat, Dishub DKI Imbau Warga Naik Transportasi UmumPekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2023. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Syafrin mengatakan, pada Selasa, 27 Juni 2023 sore memang terjadi kepadatan lalu lintas, masyarakat yang hendak ke PRJ rata-rata datang menggunakan kendaraan pribadi. Meski di sana sudah ada lahan parkir, masyarakat yang datang secara bersamaan jadi menghadapi kepadatan lalu lintas.

"Kemudian di sana sudah disiapkan shuttle bus," ujarnya.

 

Baca Juga: Syarat Ikut Tantangan Keluarkan Emas 7 Kg di PRJ, Dicatat Ya!

2. Ada rute TransJakarta menuju ke PRJ

Lalu Lintas PRJ Padat, Dishub DKI Imbau Warga Naik Transportasi UmumKepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Selain dengan Commuter Line atau KRL, Syafrin juga mengimbau masyarakat bisa menggunakan transportasi umum yakni dengan TransJakarta, ada sejumlah rute yang disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk melayani masyarakat yang akan mengarah ke Kemayoran khususnya ke PRJ.

" Di antaranya salah satunya ada rute yang dari Balaikota ke Kota, sekarang diarahkan ke PRJ dahulu, dan sebaliknya," ujarnya.

3. Cara naik TransJakarta ke PRJ

Lalu Lintas PRJ Padat, Dishub DKI Imbau Warga Naik Transportasi UmumPekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2023. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Melansir dari keterangan resmi, TransJakarta menyediakan empat rute menuju ke PRJ .

Adapun rute-rute yang akan dioperasikan antara lain adalah rute 2C (Balaikota- JIExpo), rute PRJ1 (PGC 1 – JIExpo Kemayoran), rute PRJ2 (Matraman Baru – JIExpo Kemayoran), dan rute PRJ3 (Pulo Gadung 1- JIExpo Kemayoran).

Rute PRJ akan melayani pelanggan selama kegiatan ini berlangsung yaitu mulai tanggal 14 Juni 2023-16 Juli 2023. Dengan waktu operasi yaitu Senin- Jumat mulai pukul 15.00 WIB -23.00 WIB dan Sabtu-Minggu mulai pukul 09.00 WIB – 24.00 WIB.

Baca Juga: Pasutri Copet Ponsel di PRJ Telah Ditetapkan Jadi Tersangka

4. Cara ke PRJ naik KRL

Lalu Lintas PRJ Padat, Dishub DKI Imbau Warga Naik Transportasi UmumSuasana KRL jurusan Tanah Abang-Parung Panjang, Jumat (10/7/2020) (IDN Times/Herka Yanis).

Sedangkan masyarakat pengguna KRL bisa menggunakan beberapa rute. Pertam jika memang masyarakat berasal dari Bogor, Tanggerang, Tanggerang Selatan dan Jakarta bisa melakukan perpindahan jalur dengan transit di Stasiun Tanah Abang. 

Kemudian naik ke tujuan Bekasi dan turun di Stasiun Rajawali, perjalanan bisa dilanjutkan dengan berkendara taxi online atau ojek online.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya