Imbas Kaburnya Napi Cai Changpan, 2 Petugas Lapas Dinonaktifkan

Dinonaktifkan untuk jalani pemeriksaan

Jakarta, IDN Times - Imbas dari kaburnya narapidana bandar narkoba asal Tiongkok, Cai Changpan alias Chai Ji Fan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Kota Tangerang, Banten, kini berbuntut panjang.

Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS Rika Aprianti mengatakan bahwa ada dua pihak lapas yang dinonaktifkan karena kasus ini.

"Betul, benar sudah dinonaktifkan sementara komandan jaga dan kepala pengamanan Lapas Kelas 1 Tangerang," kata Rika saat dikonfirmasi, Jumat (2/10/2020).

1. Dinonaktifkan untuk menjalani pemeriksaan

Imbas Kaburnya Napi Cai Changpan, 2 Petugas Lapas DinonaktifkanCai Changpan, WNA asal Tiongkok yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang jadi DPO (Dok. IDN Times/Istimewa)

Rika mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan guna mengusut kasus kaburnya Cai Changpan. Dua pihak Lapas Kelas 1 Tangerang tersebut akan menjalani pemeriksaan.

"Saat ini dipindahkan ke Kantor Ditjen PAS Wilayah Banten," kata dia.

Baca Juga: Kabur ke Hutan di Bogor, Napi Cai Changpan Punya Kemampuan Militer

2. Cai Changpan punya dasar pendidikan militer

Imbas Kaburnya Napi Cai Changpan, 2 Petugas Lapas DinonaktifkanIlustrasi Hutan (IDN Times/Sunariyah)

Polisi masih mencari narapidana bandar narkoba asal Tiongkok, Cai Changpan. Polisi menduga bahwa dia melarikan diri ke hutan di daerah Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Polisi juga menyebut bahwa Cai Changpan memiliki kemampuan bertahan hidup karena pernah mengikuti pelatihan militer saat berada di Tiongkok.

"Karena yang bersangkutan ini memang pernah mengikuti pendidikan kemiliteran di China sana, jadi bagaimana dia menghadapi survival itu dia memang sudah punya dasar," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jumat (2/10/2020).

3. Tenjo adalah wilayah tempat istri Cai Changpan

Imbas Kaburnya Napi Cai Changpan, 2 Petugas Lapas DinonaktifkanLubang gorong-gorong di lapas kelas 1 Tangerang, yang dijadikan sebagai tempat kaburnya napi WNA Tiongkok (Dok. Lapas Kelas 1 Tangerang)

Yusri mengatakan, polisi memiliki keyakinan bahwa Cai Changpan berada di wilayah Tenjo. Karena di sana adalah kediaman yang dihuni istri, anak, dan keluarga istrinya.

"Beberapa tim juga masih bergerak terus ya melakukan pengejaran, kemarin sudah disampaikan sudah dikeluarkan Daftar Pencarian Orang (DPO)," ujar dia.

Untuk diketahui, Cai Changpan adalah terpidana hukuman mati kasus narkoba. Dia telah ditahan sejak 2016.

Dia kabur dari lapas dengan cara melubangi sel tahanan sedalam dua meter, hingga tembus ke gorong-gorong belakang lapas sepanjang 30 meter. Upaya ini sudah dia lakukan selama 8 bulan.

Baca Juga: 7 Fakta Cai Changpan, Napi WNA China yang Kabur dari Lapas Tangerang

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya