Informasi Doni Monardo Meninggal Dipastikan Hoaks!

Dia masih jalani perawatan di RS Siloam Semanggi

Jakarta, IDN Times - Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, sempat dikabarkan meninggal dunia. Informasi tersebut adalah hoaks. Doni kini masih menjalani perawatan di rumah sakit. 

“Pagi ini tanggal Selasa 24 Okt 2023 jam 08.00 pagi. Kondisi Bapak Letjen Purn DR HC Doni Monardo masih dirawat di RS Siloam Semanggi,” kata Tenaga Ahli BNPB 2019-2021, Egy Massadiah dalam keterangannya, Selasa (24/10/2023).

1. Berharap agar Doni segera sembuh

Informasi Doni Monardo Meninggal Dipastikan Hoaks!Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo saat meninjau lokasi terdampak bencana di Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/1/2020). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (AD) itu masih dirawat. Berita tentang kematian Doni beredar hingga membuat pihaknya harus buka suara. Egy juga berharap agar Doni bisa segera pulih.

“Berita yang beredar sejak tadi subuh bahwa beliau meninggal dunia adalah TIDAK BENAR alias Hoax. Semoga beliau diberi kesembuhan dan kita semua juga dalam keadaan sehat selalu,” kata Egy dalam keterangannya. 

Baca Juga: Eks Kepala BNPB Doni Monardo Dirawat Intensif di Rumah Sakit

2. Dirawat sejak 17 September 2023

Informasi Doni Monardo Meninggal Dipastikan Hoaks!Kepala BNPB Doni Monardo (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Doni memang dalam keadaan yang tidak sehat belakangan ini. Dia dirawat di rumah sakit sejak 17 September 2023 lalu. Konfirmasi soal kondisi Doni sempat disampaikan oleh sang adik Ogi Rulino. 

"Kami sebagai adik kandung ingin menyampaikan keadaan Bapak Letjen (Purn) Doni Monardo pada saat ini. Benar, Pak Doni sedang dirawat secara intensif di suatu rumah sakit, di bawah pengawasan tim dokter," ungkap Ogi di dalam keterangan video yang dikutip pada Jumat (22/9/2023). 

3. Sempat pimpin BNPB dan penanganan pandemik COVID-19

Informasi Doni Monardo Meninggal Dipastikan Hoaks!Doni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (IDN Times/Fiqih Damar Jati)

Nama Doni akrab di telinga masyarakat terlebih saat COVID-19 melanda Indonesia. Doni diketahui telah menjabat sebagai Kepala BNPB sejak Januari 2019 lalu. Doni menggantikan Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangilei yang telah menjabat sebagai kepala selama lebih dari tiga tahun. Posisi Doni kemudian diisi oleh Ganip Warsito pada Mei 2021. 

Di bawah kepemimpinannya, Doni melakukan banyak pencapaian dan menangani berbagai bencana berskala besar, seperti gempa bumi Sulawesi Barat dan cuaca ekstrem di Nusa Tenggara Barat, hingga pandemik COVID-19. 

Baca Juga: Reuni Trembesi di Kariango: Jejak Doni Monardo Menghijaukan Sulawesi

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya