Jadi Menkominfo, Harta Budi Arie Sentuh Rp101 Miliar

Budi punya sejumlah harta bergerak dan warisan

Jakarta, IDN Times - Presiden Jokowi "Jokowi" melantik sejumlah anggota kabinet pada Senin (16/7/2023). Salah satu menteri yang didapuk Jokowi adalah Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika, mengisi kursi yang kosong usai Johnny G Plate lengser.

Plate lengser akibat terjerat kasus korupsi. Plate adalah tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5, BAKTI Kementerian Kominfo periode 2020-2022 Rp8,32 triliun.

Dari Laporan Harta Kekayaan Penyelengara Negara (LHKPN) yang IDN Times pantau, Budi Arie terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 2022. Budi Arie memiliki kekayaan mencapai Rp101,018 miliar. Sebelum dilantik menjadi Menkominfo, Budi adalah Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi.

Dari catatan LHKPN miliknya, Budi punya harta tanah dan bangunan mencapai Rp62,7 miliar. Terdiri dari tanah dan bangunan hasil sendiri di Tangerang Selatan senilai Rp3 miliar. Kemudian, tanah dan bangunan di Jakarta Utara hasil hibah tanpa akta senilai Rp1.5 miliar, tanah dan bangunan di Jakarta Pusat senilai Rp5,1 miliar.

Dia juga punya beberapa tanah warisan di Bekasi senilai Rp11,2 miliar Rp1,7 miliar, Rp16,3 miliar dan Rp8,1 miliar. Serta tanah hasil sendiri di Bekasi senilai Rp162 juta. Bukan hanya itu, dia juga punya tanah warisan di Padang, Sumatra Barat senilai Rp1,25 miliar.

Dia juga tercatat punya kendaraan senilai Rp869 juta, yang terdiri dari tiga unit mobil. Budi Arie punya harta bergerak lainnya, Rp2,3 miliar, surat berharga senilai Rp24,5 miliar dan kas dan setara kas Rp10.603.

Baca Juga: Profil Budi Arie, Menkominfo Baru Gantikan Johnny G Plate

Topik:

  • Satria Permana
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya