Kemen PPPA Beberkan Sejumlah Manfaat RUU KIA pada Perusahaan

Bisa tingkatkan loyalitas pekerja

Jakarta, IDN Times - Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) Dalam Fase Awal 1000 Hari Kehidupan telah resmi dibawa kedalam Rapat Paripurna DPR RI atau pengambilan keputusan tingkat II. Namun dalam upayanya ada kontroversi yang muncul salah satunya dari perusahaan yang berbeda pendapat soal cuti pendampingan ibu melahirkan paling lama 40 hari atau ibu yang mengalami keguguran paling lama 7 hari. Serta cuti hamil dan melahirkan hingga enam bulan.

Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Bidang Kesetaraan Gender, Dian Ekawati mengatakan upaya pendekatan yang dilakukan pada perusahaan saat ini adalah edukasi. Hal ini dimulai dengan memberikan pengertian pada para pekerja dan seluruh unsur perusahaan terkait pemenuhan hak perempuan.

"Kami berharap juga dimulai dari bapak ibu yang berada di perusahaan tersebut untuk bisa mengedukasi dulu peers-nya gitu ya, dengan pekerja-pekerja perempuan yang memang membutuhkan pemenuhan haknya,” katanya saat Media Talk "RUU KIA pada Fase Seribu Hari Pertama Kehidupan Dorong Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak di Kantor KemenPPPA, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2024).

1. Meningkatkan kualitas keluarga dan individu pekerja juga

Kemen PPPA Beberkan Sejumlah Manfaat RUU KIA pada PerusahaanMedia Talk "RUU KIA pada Fase Seribu Hari Pertama Kehidupan Dorong Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak di Kantor KemenPPPA, Selasa (23/4/2024). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Meskipun ada kontroversi, Dian menekankan perlunya pembuktian empiris untuk mendukung kebijakan tersebut. Menurut Dian, pemberian cuti bagi perempuan dan ayah diharapkan dapat meningkatkan kualitas keluarga dan individu pekerja juga. 

"Harapannya dengan adanya pemberian cuti ini kualitas keluarga meningkat kualitas perempuan sebagai individu juga meningkat, menghindari dari Baby blues dan juga peran dari si suami ini juga akan lebih meningkat," katanya.

Baca Juga: RUU KIA Lolos Pembahasan, Ibu Melahirkan Cuti Paling Singkat 3 Bulan

2. Hindari gangguan tak terduga

Kemen PPPA Beberkan Sejumlah Manfaat RUU KIA pada PerusahaanMedia Talk "RUU KIA pada Fase Seribu Hari Pertama Kehidupan Dorong Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak di Kantor KemenPPPA, Selasa (23/4/2024). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dian juga menyoroti pentingnya jangka panjang dalam memberikan cuti, agar tidak terjadi gangguan yang tidak terduga.

"Tentunya di dalam jangka panjangnya cuti-cuti yang tiba-tiba di tengah jalan itu tidak terjadi gitu, ya emang kualitas hidup anak dari sejak masih kandungan itu sudah sudah dibantu oleh kedua orang tuanya untuk diasuh hingga 1.000 hari nanti," katanya.

Baca Juga: Pemerintah Akan Beri Cuti Ayah, KPAI: Kurangi Kekerasan pada Anak

3. Tingkatkan loyalitas pekerja

Kemen PPPA Beberkan Sejumlah Manfaat RUU KIA pada PerusahaanBuruh di salah satu perusahaan rokok di Kudus (IDN Times/Aji)

Lebih lanjut, Dian menegaskan pemberian cuti juga dapat meningkatkan loyalitas karyawan dan produktivitas perusahaan. Hasil itu tak bisa langsung dilihat perusahaan, karena prosesnya akan panjang, namun ke depannya diharapkan hal itu bisa membuat revenue perusahaan juga akan meningkat karena loyalitas pekerja tinggi.

“Karena pekerjaannya tidak terlalu banyak yang mengambil cuti gitu ya, angka kesakitan juga menurun dan juga jika pekerjanya bahagia gitu produktivitas meningkat yang akan berangkat kerja dengan semangat, itu yang tengah bisa kami mungkin bukan janjikan tapi akan kami coba edukasi dari arah itu,” katanya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya