Kemenkes Tepis Kaitan Gagal Ginjal Akut Anak dengan Vaksin COVID-19

Anak balita belum terima vaksin COVID-19

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan, kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada anak, khususnya anak di bawah lima tahun atau balita tidak ada kaitannya dengan COVID-19.

"Dari hasil pemeriksaan tidak ada bukti hubungan gagal ginjal akut ini dengan vaksin COVID-19 maupun infeksi COVID-19," ujar Juru Bicara Kemenkes M Syahril dalam keterangan persnya, Rabu (19/10/2022).

Dari banyaknya pemberitaan dan informasi tentang isu itu, Kemenkes melakukan pemeriksaan dan disimpulkan tak ada kaitannya. Karena gangguan gagal ginjal akut ini, kata Syahril, menyerang anak usia kurang dari enam tahun atau bahkan lima tahun.

"Karena program vaksinasi itu belum menyasar pada anak usia 1-5 tahun," kata dia.

Dengan menggandeng para ahli epidemiologi, Badan POM, IDAI, dan Puslabfor, Kemenkes melakukan penelusuran untuk menemukan penyebab pasti kasus gagal ginjal akut ini.

"Dalam pemeriksaan yang dilakukan pada sisa sampel obat yang dikonsumsi pasien, sementara ini ditemukan jejak senyawa yang berpotensi mengakibatkan gangguan ginjal akut atipikal ini," katanya.

Gagal ginjal akut pada anak ini memiliki gejala yang khas yakni volume urine menurun secara tiba-tiba.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan masyarakat untuk memastikan konsumsi obat dengan benar dan aman bagi tubuh:

1. Gunakan obat sesuai aturan pakai
2. Jangan konsumsi obat melebihi dosis yang ditentukan
3. Baca peringatan dalam kemasan obat
4. Pastikan obat tidak kedaluwarsa
5. Jangan konsumsi sisa obat sirup yang sudah terbuka dan disimpan lama
6. Hindari penggunaan antibiotik yang tidak perlu untuk mencegah terjadinya resistensi
7. Laporkan efek samping obat yang Anda rasakan kepada tenaga kesehatan terdekat atau melalui aplikasi layanan BPOM Mobile
8. Dapatkan obat dari sarana pelayanan kefarmasian yang resmi atau berizin.

Baca Juga: Kemenkes Catat 99 Kasus Kematian Gagal Ginjal Akut Misterius

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya