Kerap Bikin Resah, Facebook Larang Iklan soal Penyembuh Virus Corona

Iklan yang mengklaim dapat menyembuhkan COVID-19

Jakarta, IDN Times - Facebook akan melakukan pelarangan iklan produk yang mengatakan dapat mencegah atau mengobati virus corona. Hal tersebut dilakukan karena dianggap memperburuk situasi di tengah wabah.

Dilansir melalui Antara, juru bicara Facebook dikutip dari laman Reuters, mengatakan bahwa iklan yang dilarang antara lain masker wajah yang "memberi garansi 100 persen mencegah virus corona".

1. Telah ada kebijakan untuk menghapus informasi sesat

Kerap Bikin Resah, Facebook Larang Iklan soal Penyembuh Virus CoronaANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS

Sebelumnya, pada Januari, Facebook telah mengeluarkan kebijakan guna menghapus informasi yang menyesatkan dan teori konspirasi terkait virus corona atau COVID-19, hal ini merujuk pada rekomendasi organisasi kesehatan lokal mau pun dunia.

Baca Juga: Virus Corona Masuk Indonesia, Ini Pencegahan Paling Efektif

2. Facebook kerap dapat kritikan

Kerap Bikin Resah, Facebook Larang Iklan soal Penyembuh Virus CoronaIlustrasi penanganan virus corona di RSUD Dr Moewardi, Solo. IDN Times/Larasati Rey

Bukan hanya Facebook yang melakukan tindakan ini, TikTok dan Pinterest juga melakukan langkah yang sama. Facebook juga kerap mendapat kritikan karena konten yang beredar terkait hoaks dan ideologi ekstrem.

3. Postingan obat virus corona di Facebook

Kerap Bikin Resah, Facebook Larang Iklan soal Penyembuh Virus CoronaContoh produk yang mengklaim menyembuhkan virus Corona (Facebook)

IDN Times mencoba mencari informasi seputar iklan terkait obat Corona di Facebook dengan memasukan kata kunci "Obat Virus corona" di kolom pencarian. Saat ditelusuri terdapat beberapa unggahan yang menuliskan adanya obat yang bisa mengatasi virus corona.

Baca Juga: Anggaran Untuk Penanganan Virus Corona, Menkes: Tidak Ada Nominal

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya