Kisruh SDN Pondok Cina 1, KPAI Minta Psikologis Siswa Diperhatikan

Empat kementerian turut bahas relokasi ini

Jakarta, IDN Times - Kasus penggusuran Sekolah Dasar Negeri 1 Pondok Cina (SDN Pocin) Depok 1 santer ditolak oleh warga sekolah. SDN Pocin 1 rencananya dieksekusi pada 9 Desember namun ditunda karena ada demo penolakan. Status lokasi SDN 1 Pocin beralih jadi tempat ibadah.

Menanggapi hak ini Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah kota dan suku dinas terkait. Bukan hanya KPAI, Kemendagri, Kemenko PMK, KemenPPPA dan Direktorat SD dan Itjen Kemendikbud Ristek juga turut hadir, serta Ombudsman dan Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN).

Dengan adanya kondisi ini, KPAI meminta semua pihak untuk tenang agar kondisi lebih kondusif, sehingga memungkinkan terjadi dialog yang sehat antara pihak pemerintah kota Depok dengan orang tua peserta didik.

"Susasana yang kondusif juga akan berdampak siginifikan pada Kesehatan mental anak-anak," ujar Komisioner KPAI, Retno Listyarti  dalam keterangannya, dikutip Selasa (13/12/2022).

KPAI juga meminta agar P2TP2A Kota Depok melakukan jangkauan psikososial pada seluruh peserta didik SDN Pocin 1 Depok untuk pemulihan psikologi.

1. Walkot Depok disurati untuk tunda dana hibah masjid

Kisruh SDN Pondok Cina 1, KPAI Minta Psikologis Siswa DiperhatikanIDN Times/Margith Julia Damanik

Selain itu menurut Itjen KemendikbudRistek pada 12 Desember 2022 Gubenur provinsi Jawa Barat telah bersurat resmi kepada Walikota Depok terkait penundaan dana hibah masjid sampai kasus SDN Pocin 1 Depok jelas penanganan dan penyelesaiannya.

"Dengan prinsip memberikan pelayanan Pendidikan terbaik sebagaimana di amanatkan dalam peraturan perundangan yang berlaku. Itjen Kemendikbud mendapatkan salinan surat tersebut dalam bentuk pdf," ujarnya.

 

Baca Juga: Tuai Pro-Kontra, Wali Kota Depok akan Tetap Gusur SDN Pondok Cina 1

2. Perlu ada komunikasi dua arah antara Pemkot dan orang tua

Kisruh SDN Pondok Cina 1, KPAI Minta Psikologis Siswa DiperhatikanSuasana terkini Sekolah Dasar Negeri Pondok Cina (SDN Pocin) 1 Depok (IDN Times/Irfan Fathurohman)

KPAI juga mendorong Pemkot Depok melakukan dialog dua arah dengan para orangtua peserta didik, terkait rencana yang sudah disusun, sehingga ada titik temu demi kepentingan terbaik bagi anak peserta didik.

"KPAI mendorong Pemkot melalui jajaran terkait mendengarkan suara anak atas kebijakan Pendidikan yang berdampak pada layanan Pendidikan dan psikologis anak-anak, dalam hal ini KPAI bersedia menjadi jembatan dalam dialog tersebut," kata dia.

 

3. Pertimbangkan bangun rumah ibadah di lingkungan yang sama

Kisruh SDN Pondok Cina 1, KPAI Minta Psikologis Siswa DiperhatikanSuasana terkini Sekolah Dasar Negeri Pondok Cina (SDN Pocin) 1 Depok (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Proses pembelajaran seluruh peserta didik SDN Pocin 1 Depok juga kata Retno harus dikembalikan ke gedung sekolah yang lama, sambil menunggu ruang kelas baru di SDN Pocin 5 selesai dibangun pada Juni 2023.

Saat Juli 2023 (tahun ajaran baru), nama SDN Pocin 5 berubah menjadi SDN Pocin 1. Artinya relokasi dan nama SDN Pocin 1 tetap, tidak hilang.

Retno mengatakan, walaupun badan aset daerah sudah mengalihfungsikan lahan SDN Pocin 1 sebagai tempah ibadah, namun KPAI mendorong untuk dipertimbangkan membangun masjid dan sekolah pada halaman yang sama di SDN Pocin 1 Depok.

"Bisa bertingkat, dimana masjid di lantai satu dan gedung SDN Pocin 1 di lantai dua sampai dengan empat, Masjid dapat digunakan warga. Banyak sekolah yang masjidnya dapat digunakan untuk masyarakat umum," kata dia.

Baca Juga: SDN Pondok Cina 1 Direlokasi, Pemkot Depok Klaim Hak Murid Terpenuhi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya