SDN Pondok Cina 1 Direlokasi, Pemkot Depok Klaim Hak Murid Terpenuhi

Dua sekolah tempat relokasi sudah akreditasi A

Jakara, IDN Times - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok, mengunjungi siswa SDN Pondok Cina 1, Senin (12/12/2022). Kunjungan ini setelah mereka direlokasi ke SDN Pondok Cina 3 dan SDN Pondok Cina 5.

Dilansir laman resmi Pemkot Depok, Senin, kunjungan DP3AP2KB guna memastikan hak pendidikan murid SDN Pondok Cina 1 terpenuhi, pasca-dipindahkan karena bangunan sekolah mereka akan dibangun Masjid Agung Jami oleh Pemerintah Kota Depok.

Baca Juga: Fix! SDN Pondok Cina 1 Depok Dieksekusi Pekan Depan

1. Setiap anak berhak mendapatkan perlindungan

SDN Pondok Cina 1 Direlokasi, Pemkot Depok Klaim Hak Murid TerpenuhiSiswa SDN Pondok Cina 1 membubuhkan tanda tangan sebagai permintaan penolakan relokasi SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Kepala Bidang Pengembangan Kota Layak Anak DP3AP2KB Kota Depok, Ima Halimah, mengatakan setiap anak berhak mendapatkan perlindungan, kenyamanan, dan terpenuhi semua haknya. Salah satunya adalah hak pendidikan, sesuai yang tertera pada 5 klaster hak anak.

"Alhamdulillah, dari monitoring kami di lapangan, seluruh siswa SDN Pondok Cina 1 yang bersekolah di SDN Pondok Cina 3 dan SDN Pondok Cina 5 aman dan nyaman," kaya Ima usai kunjungannya, Senin.

Ima menjelaskan, hari ini pihaknya pertama kali mendatangi SDN Pondok Cina 5 yang berlokasi di Jalan Pinang III RT 02 RW 03, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji. Di sana ia memantau Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kelas I, II, dan IV siswa SD Negeri Pondok Cina 1.

2. Dua sekolah tempat relokasi sudah memiliki akreditasi A

SDN Pondok Cina 1 Direlokasi, Pemkot Depok Klaim Hak Murid TerpenuhiHalaman SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Kemudian, Ima melanjutkan kunjungan kedua ke SDN Pondok Cina 3 yang berada di Jalan H. Yahya Nuih, Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji. Di sini, pihaknya juga melihat sarana prasarana penunjang KBM dan aktivitas siswa.

"Akreditasi di dua sekolah ini juga sudah A sesuai Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN-SM), jadi jangan khawatir akreditasi sekolah ini lebih rendah dibanding SDN Pondok Cina 1," tegas dia.

Baca Juga: Sambangi SDN Pondok Cina 1 Depok, Giring Hibur Siswa Nyanyi 2 Lagu

3. SDN Pondok Cina 3 didorong menjadi Sekolah Penggerak

SDN Pondok Cina 1 Direlokasi, Pemkot Depok Klaim Hak Murid TerpenuhiSiswa SDN Pondok Cina 1 yang belajar tanpa mendapatkan bimbingan guru kelas. (IDNTimes/Dicky)

Selain itu, ujar dia, pada 2023, SDN Pondok Cina 3 didorong menjadi Sekolah Penggerak di Kota Depok, sehingga akan semakin tercipta kualitas pendidikan yang baik di sekolah tersebut.

"Kalau masalah kualitas pendidikan semua sama, Dinas Pendidikan (Disdik) berupaya memastikan anak-anak bersekolah dengan aman dan nyaman sesuai kurikulum," tandasnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya