Comscore Tracker

Klarifikasi Ardhito Soal Tagar IndonesiaButuhKerja Malah Dibully

Dia mengaku dapat arahan ikut kampanye ini

Jakarta, IDN Times - Klarifikasi musisi Ardhito Pramono soal hashtag IndonesiaButuhKerja ternyata tak meredam "keributan" di dunia maya. Ardhito malah panen bully-an dari netizen.

Postingan Ardhito dianggap mendukung  Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta kerja atau Omnibus Law. Sebetulnya tak hanya Ardhito, publik figur lain juga ikut meramaikan.

1. Dia mengaku dapat arahan untuk ikut kampanye ini

Klarifikasi Ardhito Soal Tagar IndonesiaButuhKerja Malah DibullyPermintaan maaf Ardhito Pramono (Twitter.com/ardhitoprmn)

Lewat akun twitternya, @ardhitoprmn, meminta maaf atas unggahannya terkait konten tagar IndonesiaButuhKerja. Dia mengaku menerima arahan dan bayaran untuk ikut kampanye ini.

"Betul bahwa saya menerima brief untuk ikut dalam kampanye #IndonesiaButuhKerja dan menerima bayaran," tulis Ardhito, Jumat 14 Agustus 2020. "Seperti kerja sama saya dengan sebuah brand," lanjutnya.

Dia mengaku tidak tahu dengan isi konten tersebut, bukan bermaksud untuk tidak berempati. Dia sejak awal sudah mempertanyakan hubungan konten itu dengan Omnibus Law dan kepentingan politik lainnya. Pelantun Bitter Love ini mengaku tak ingi tercebur dengan ranah politik yang bukan bidangnya.

"Ke depan saya akan berusaha lebih berhati-hati dan peduli," kata Ardhito lagi.

Baca Juga: Sempat Unggah #IndonesiaButuhKerja, Ini Klarifikasi Ardhito Pramono

2. Warganet sarankan Ardhito berhati-hati membagikan endorse

Klarifikasi Ardhito Soal Tagar IndonesiaButuhKerja Malah DibullyInstagram.com/ardhitopramono

Namun, ungkapan klarifikasi Ardhito menuai berbagai macam respons dari warganet. Setelah diunggah pada Kamis 14 Agustus 2020 siang, klarifikasinya sudah dikomentari lebih dari 10 ribu kali dan disukai sebanyak lebih dari 47 ribu kali.

Seorang warganet @Nxxpriliasa mengatakan bahwa unggahan seperti ini memiliki pola.

"Posting - Gaduh - Delete - Klarifikasi - Repeat," tulis dia dalam kolom komentar klarifikasi Ardhito.

Lain lagi dengan salah seorang warganet lainnya yakni @vxxyss yang menyarankan Ardhito agar bisa mencari tahu lebih dulu setiap kampanye atau endorse yang diterima.

"Biasakan cari tahu seluk beluknya dlu hyung. soalnya u punya followers bnyak yg bisa dgn gampang inflience org2. sebelum ambil endorese-an cek dulu detil2nya dan lain kali hati2. u gamaukan people lost respect to you. saya termasuk yg kzl," tulis dia.

3. Bukan hanya Ardhito, sejumlah artis juga ikut unggah tagar ini

Klarifikasi Ardhito Soal Tagar IndonesiaButuhKerja Malah Dibully(Instagram/Inul.d)

Bukan hanya Ardhito, sebenarnya banyak public figure lainnya yang mengunggah konten yang sama.

Sebelumnya, aktris Gritte Agatha tengah menjadi sorotan di media sosial akibat unggahannya tentang hashtag #IndonesiaButuhKerja. Unggahan artis itu dinilai sejumlah warganet mendukung RUU Cipta Kerja yang tengah menjadi kontroversi di masyarakat. Dia membuat sebuah video yang menggambarkan tagar terrsebut.

Tagar IndonesiaButuhKerja juga pernah diunggah oleh penyiar Gofar Hilman di Instagramnya. Tetapi unggahan itu sudah hilang dan cache unggahan tersebut masih bisa ditemukan di mesin pencarian. Hal serupa juga pernah diunggah oleh Gading Matren, dia memberikan pengantar dengan membahas COVID-19 dalam kolom caption instagramnya.

Pedangdut Inul Daratista juga pernah meramaikan tagar tersebut, dia terang-terangan membahas omnibus law.

Baca Juga: Menyesal Unggah #IndonesiaButuhKerja, Ardhito Balikin Uang Bayaran

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya