Komnas HAM Akan Cek Rekaman CCTV hingga Ponsel Brigadir J 

Termasuk juga ponsel Irjen Ferdy Sambo

Jakarta, IDN Times - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) hari ini meminta keterangan dari Siberbareskrim dan Digital Forensik Puslabfor Polri, dalam rangka melengkapi rangkaian pemantauan dan penyelidikan kasus kematian Brigadir J. 

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, mengatakan pihaknya akan memeriksa keterangan soal CCTV dan ponsel yang berkaitan dengan kasus ini. Timnya sudah mempersiapkan sejumlah hal.

"Alur jalannya dimana saja itu sudah kami cek juga, yang tidak kalah penting adalah soal kalau siber adalah handphone (Hp) jumlah hp, warna hp, model hp itu, termasuk juga. Kalo substansi hp itu apa komunikasi penting dalam hp tersebut di jam berapa, apa yang dibicarakan, titik titik jejak digitalnya kaya apa, kami sudah siapin beberapa waktu yang lalu," kata Anam pada awak media, Rabu (27/7/2022).

1. Termasuk ponsel Irjen Ferdy Sambo

Komnas HAM Akan Cek Rekaman CCTV hingga Ponsel Brigadir J Komisioner Komnas HAM Choirul Anam (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Dia mengatakan, ponsel yang diperiksa adalah semua ponsel yang terkait dengan kasus ini, misalnya ponsel milik mendiang Brigadir J. Termasuk juga ponsel milik Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo.

"Termasuk misalnya hp Irjen Sambo, itu juga akan kami tanya, di mana dan apa isinya dalam konstruksi peristiwa ini, kaya begitu salah satu contohnya," kata dia.

Baca Juga: Komnas HAM: Tiap Ajudan Ferdy Sambo Punya Jawaban Sendiri

2. Dari CCTV dipantau pergerakan pihak-pihak saat kejadian

Komnas HAM Akan Cek Rekaman CCTV hingga Ponsel Brigadir J Ajudan Ferdy Sambo Penuhi Panggilan Komnas HAM (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Sedangkan terkait CCTV, pihaknya mendalami kenapa CCTV di rumah dinas Ferdy sampai bisa rusak.

Komnas HAM, kata Anam, memeriksa alur dari mana titik para pihak yang ada saat kejadian pergi, dari rumah apa ke rumah yang mana.

"Kemarin salah satu yang kita tanya kepada ADC (ajudan) itu, salah satu pertanyaan, titiknya mana itu kami udah cek CCTV-nya di titik mana aja," kata Anam.

3. Tiga ponsel Brigadir J diperiksa

Komnas HAM Akan Cek Rekaman CCTV hingga Ponsel Brigadir J CCTV di sekitar rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo, Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Anam mengatakan, Komnas HAM meminta video dari CCTV dibawa oleh pihak yang dipanggil hari ini.Termasuk ponsel milik Brigadir J yang berjumlah tiga unit.

"Kan sudah saya bilang, semua termausk punyanya J, dan bukan dua tapi tiga," kata dia.

"Semua yang terkait digital forensik dan siber kami minta untuk dibuka kepada kami, kalau video tunjukkan pada kami, kalau berupa benda handphone misalnya tunjukkan pada kami, isinya apa," ujar dia.

Baca Juga: CCTV Magelang-Jakarta Sudah Diamankan Jadi Alat Bukti Kasus Brigadir J

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya